Bagikan Notifikasi E-Ticket yang dipesan Hanya dari WhatsApE-ticketing sekarang sudah marak digunakan diberbagai layanan transportasi umum, seperti kereta api sampai maskapai. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi namun tidak perlu datang on the spot untuk mendapatkan tiketnya. Apalagi di masa pandemi seperti ini.

Digitalisasi memungkinkan kamu memesan tiket hanya dari handphone saja lho, didukung dengan aplikasi-aplikasi transportasi yang sudah disediakan, membuat pemesanan tiket untuk keberangkatanmu semakin mudah.

Kemudahan semakin bertambah ketika layanan tiket memberikan kamu notifikasi otomatis. Ya, sekarang ini kirim notifikasi otomatis dari layanan tiket ke Whatsapp bisa dilakukan dengan mudah. Kok bisa? Yuk kita langsung bahas bersama mengenai e-ticket dan kirim notifikasi tiket ke Whatsapp ini.

E-ticket

Sebelum jauh membahas mengenai pengiriman notifikasi tiket ke Whatsapp, akan lebih baik jika kita mengenal apa itu e-ticketing terlebih dahulu.

E-ticket atau Electronic Ticket merupakan tiket yang bisa kamu dapatkan dalam bentuk digital, sehingga tiket bukan lagi berbentuk hardfile yang harus didapatkan dari tempat layanan namun bisa dibooking secara online yang akhirnya hasilnya adalah e-ticket tersebut. Umumnya e-ticket bisa diunduh berbentuk file PDF yang dikirimkan ke email.

Penggunaan e-ticket sekarang ini bisa untuk berbagai keperluan, mulai dari tiket transportasi misalnya kereta api, pesawat ataupun kapal, bisa juga untuk reservasi tiket untuk konser, bioskop, hotel atau penginapan, sehingga sistem e-ticketing ini cocok untuk berbagai bidang yang berhubungan dengan reservasi atau sistem booking.

Yang cukup penting dari e-ticket ini adalah kode booking atau kode pemesanan. Di beberapa bidang, e-ticket ini perlu dicetak secara mandiri, caranya cukup mudah, dengan hanya memasukkan kode pemesanan dalam komputer tiket untuk kemudian tiket sudah ditangan.

Namun untuk beberapa tempat, kamu bisa menggunakan e-ticketmu hanya dengan menyebutkan kode pemesanan saja karena kamu sudah terdata dalam sistem komputer layanan sehingga tidak perlu mencetak tiket kembali.

E-ticket dalam masa digitalisasi seperti ini merupakan satu cara untuk menjangkau masyarakat sehingga tidak perlu paper ticket lagi untuk booking tiket apapun.

Dapat Notifikasi E-Ticket WhatsApp

Pernahkah kamu memesan tiket secara online untuk kemudian kamu mendapatkan notifikasi yang masuk di Whatsapp yang berisi pemesanan tiketmu berhasil beserta data tiket tersebut? Inilah yang disebut dengan pengiriman notifikasi e-ticket via Whatsapp.

Sebenarnya apasih tujuan pemilik layanan memberikan notifikasi Whatsapp kepada pelangganya? Pada dasarnya notifikasi ini diberikan untuk memberitahu kepada pelanggan bahwa tiket yang ia pesan telah berhasil di dapatkan, ataupun transaksi pembelian tiket telah dilakukan.

Baca Artikel : Whatsapp API Business, Layanan Kirim Kode OTP via Whatsapp secara Otomatis

Pemberitahuan ini dirasa cukup penting untuk kenyamanan pelanggan, dimana mereka telah mengetahui jika pembayaran tiket dan tiket sudah didapatkan melalui notifikasi. Bayangkan jika tidak ada notifikasi yang masuk kepada mereka, pastinya pelanggan akan bingung apakah pembayaran berhasil, apakah tiket berhasil didapatkan atau apakah proses pemesanan sudah selesai.

Untuk itu, pemilik layanan memberikan notifikasi ini sebagai pemberitahuan bahwa proses pemesanan berhasil dan tiket bisa digunakan.

Kelebihan Mengirimkan Notifikasi E-Ticket via Whatsapp untuk Pelanggan

Selain memiliki tujuan utama memberikan informasi bahwa tiket sudah berhasil didapatkan kepada pelanggan, kirim notifikasi e-ticket ini memiliki tujuan dan kelebihan yang lainya. Beberapa diantaranya adalah

1. Memudahkan Pelanggan Mengecek Informasi

Informasi e-ticket yang dikirimkan via Whatsapp berisi hal-hal yang penting untuk pelanggan seperti Kode Booking, tanggal booking, waktu booking, sampai nama transportasi, hotel ataupun film di bioskop yang sudah dipesan.

Informasi penting ini tentunya berguna ketika melakukan pengecekan sehingga pelanggan tidak perlu membuka-tutup aplikasi pemesanan tiket ataupun email tiket, namun dari Whatsapp saja sudah cukup.

Misalnya ketika di bandara dan kamu menggunakan e-ticket, cukup buka Whatsapp untuk melihat kode bookingnya guna diinformasikan kepada petugas tiket, untuk kemudian urusan tiket sudah selesai tanpa harus kesulitan membuka tutup e-ticket di email ataupun file e-ticket itu sendiri.

Selain kode booking, informasi lain yang dikirim dari notifikasi Whatsapp adalah hal yang dirasa cukup penting untuk memastikan informasi pemesanan sehingga proses pengecekan bisa dilakukan dengan mudah.

2. Aplikasi yang Mayoritas Semua Orang Punya

Memilih Kirim notifikasi otomatis melalui Whatsapp tentunya sudah dipikirkan secara matang oleh pemilik layanan. Bukan tanpa alasan kenapa mereka memilih Whatsapp sebagai media yang digunakan untuk mengirim pesan.

Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan dimana mayoritas orang memiliki dan mengaksesnya secara aktif setiap hari. Dari hal ini dapat diketahui bahwa Whatsapp adalah aplikasi yang sudah cukup familiar untuk mereka sehingga jika layanan mengirimkan pesan melalui Whatsapp tentunya pelanggan bisa mengetahuinya dengan baik. Ini adalah salah satu alasan kenapa pesan dikirimkan menggunakan Whatsapp.

Baca Artikel : Layanan Ticketing Menggunakan WhatsApp Bussiness API

Selain itu, ada beberapa media yang juga banyak digunakan masyarakat namun dirasa kurang efektif, misalnya email dan perpesanan SMS. Sayangnya masih banyak orang yang mengalami kendala dengan penggunaan email sehingga media ini dirasa kurang sesuai untuk memberikan notifikasi e-ticketing yang friendly.

Bagaimana dengan SMS? Perpesanan SMS bisa digunakan hanya saja keterbatasan karakter bisa membuat pengiriman informasi kurang maksimal sehingga ini bukan media yang tepat.

Whatsapp juga merupakan aplikasi yang mendukung pengiriman pesan otomatis dan masal, seperti layanannya WhatsApp API Bussiness dimana ia bisa digunakan untuk layanan profesional untuk konsumen. Seperti Chatbot, pesan terjadwal, akun official dan lain sebagianya.

Kirim Notifikasi Otomatis Via WhatsApp Menggunakan Ping Notif

Sudah ada banyak pemberi layanan yang menggunakan sistem kirim notifikasi otomatis via Whatsapp untuk konsumennya.

Seperti layanan booking tiket online, dimana ia menggunakan sistem kirim notifikasi Whatsapp ini. Bagaimana dengan kamu? Apakah ingin menggunakan sistem yang sama untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan?

Coba layanan ini menggunakan Ping Notif, kirim notifikasi otomatis kepada pelanggan bisa dilakukan dengan mudah dan anti ribet. Tingkatkan pelayanan, kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat. Bisa diterapkan untuk kirim pesan tiket atau notifikasi masal yang kamu butuhkan. Cek segera hanya di www.pingnotif.com

Translate »