Whatsapp API Business, Layanan Kirim Kode OTP via Whatsapp secara Otomatis – Pernahkah Anda mendapatkan pesan masuk di Whatsapp yang berisi kode OTP untuk akses masuk sebuah website atau aplikasi?

Ya, inilah yang dimaksud dengan One Time Password (OTP).

Jika dahulu banyak dilakukan menggunakan media SMS, sekarang ini banyak penyedia layanan digital yang memercayakan pengiriman kode OTP menggunakan Whatsapp. Apalagi dari pemilik layanan besar atau sudah berskala nasional seperti e-commerce, layanan provider telepon sampai aplikasi finance.

Hal ini pastinya bukan tanpa alasan, sebab Whatsapp memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan SMS. Anda juga bisa loh menggunakan fitur kirim notifikasi Whatsapp otomatis untuk pengiriman kode OTP  seperti ini kepada pengguna layanan Anda.

Gimanasih caranya kirim kode OTP via Whatsapp secaraa otomatis? Yuk kita bahas di artikel hari ini.

One Time Password (OTP)

One Time Password atau biasa dikenal dengan kode OTP adalah kode yang berisi angka verifikasi agar bisa masuk dalam layanan online tertentu. Kode ini dibuat 4 sampai 6 digit yang dikirimkan melalui email, sms sampai telepon. Namun semakin berkembangnya aplikasi perpesanan online, kode OTP bisa dikirimkan melalui Whatsapp.

Baca Artikel : Ping Notif, Layanan Whatsapp Gateway di Indonesia

Kode OTP ini merupakan bentuk perlindungan keamanan akun digital pengguna, sebagai langkah verifikasi atau memastikan bahwa seseorang yang mencoba log in akun tersebut adalah pemiliknya. Untuk itu ketika pendaftaran akun, Anda diminta memasukkan nomor telepon yang aktif sehingga digunakan untuk mengirimkan kode OTP.

Beberapa aplikasi atau website yang memerlukan kode OTP ini biasanya yang berhubungan dengan transaksi keuangan atau yang didalamnya menyimpan informasi yang sensitif dan pribadi seperti identitas, nomor rekening, perpajakan dan lain sebagainya. Sedangkan layanannya misalnya untuk aplikasi bank, e-commerce, aplikasi provider nomor telepon sampai aplikasi dompet digital.

Tujuan dari pengiriman kode OTP ini adalah menghindari kejahatan di internet (phising) yang banyak terjadi pada aplikasi digital yang merugikan.

Cara Kerja Kode OTP

Ketika masuk /daftar ke aplikasi yang Anda buka, ada proses verifikasi akun dimana Anda harus memasukkan kode OTP yang diminta.

Beberapa saat setelah permintaan ini, 4 sampai 6 kode OTP untuk akses masuk akan terkirim dalam pesan Anda. Untuk kemudian masukkan kode ini ke aplikasi yang Anda buka, jika kode sudah di masukkan secara lengkap, proses verifikasi berhasil dan Anda bisa mengakses aplikasi tersebut.

Anda juga bisa menggunakan layanan kirim notifikasi seperti ini kepada pengguna layanan, menggunakan Whatsapp API Business yang bisa didapatkan dengan mudah dari layanan Whatsapp API.

Prinsip Kerja Kode OTP

Beberapa prinsip kerja kode OTP yang harus Anda tahu adalah

1. Kode OTP hanya bisa digunakan secara sementara

Ketika Anda mencoba masuk dalam aplikasi, permintaan kode OTP akan disertai batasan waktu untuk memasukkan kode tersebut. Umumnya waktu yang diberikan tidak lebih dari satu menit.

Dimana ini memiliki arti jika Anda memasukkan kode OTP lebih dari batas waktu tersebut, maka kode OTP sebelumnya tidak bisa digunakan. Jika sudah kehabisan waktu, minta kirimkan kode OTP kembali.

Pembatasan waktu untuk kode OTP ini, mencegah aksi kejahatan. Sebab jika kode OTP dimiliki oleh pemilik akun maka proses membutuhkan waktu kurang dari satu menit.

2. Jaga Kerahasiaan Kode OTP

Memberitahu kode OTP kepada orang lain cukup berbahaya untuk akun Anda, karena ini bisa menjadi awal dilakukannya kejahatan dalam bentuk pencurian atau penipuan.

Ketika Anda merasa tidak melakukan pendaftaran atau sign in untuk aplikasi/layanan apapun, namun ada kode OTP yang masuk dalam pesan Anda, maka Anda perlu curiga.

Hal ini menandakan ada percobaan peretasan dalam akun Anda. Jika ada pesan atau telepon yang meminta kode OTP tersebut, jangan sampai memberitahu kode OTP kepada siapapun. Begitu Anda mengirimkan kode OTP maka pencurian identitas sampai materi bisa dilakukan.

Nomor yang Anda daftarkan juga harus nomor aktif milik pribadi, sehingga prosesnya akan lebih mudah, cepat dan aman.

Kenapa Kirim Pesan Otomatis via Whatsapp?

Media untuk kirim pesan otomatis ini, tentunya sudah diperhitungkan pemilik layanan/bisnis. Hal ini untuk kemudahan pelayanan, sebab sekarang hampir semua orang yang menggunakan aplikasi perpesanan Whatsapp. Pun Whatsapp juga minim ada masalah mengenai pengiriman, jika menggunakan SMS banyak terjadi delay atau pending untuk pengiriman pesannya. Jumlah karakter dalam pesan juga sangat terbatas sehingga Whatsapp satu aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan.

Baca Artikel : Manfaatkan Fitur Auto Reply Whatsapp untuk Kemudahan Komunikasi ke Pelanggan

Bagaimana Memberikan Notifikasi OTP Via Whatsapp kepada Pengguna Aplikasi?

Pengiriman notifikasi kode OTP seperti ini bisa Anda lakukan lho untuk menjaga keamanan customer Anda.

Biasanya penggunaan kode OTP ini penting untuk layanan keuangan digital sampai aplikasi belanja dan jual beli online yang menyimpan beberapa saldo dan identitasnya di sana.

Layanan ini bisa Anda dapatkan menggunakan Whatsapp API Business  yang bisa mengirimkan notifikasi kepada pengguna secara otomatis menggunakan sistem. Sehingga setiap kali pelanggan Anda melakukan percobaan masuk aplikasi/website layanan Anda otomatis bisa mendapatkan notifikasi OTP dengan mudah.

Keamanan dan perlindungan untuk pengguna layanan Anda terjamin.

Bagaimana Mendapatkan Whatsapp API Business untuk Kirim Kode OTP Otomatis?

Whatsapp API Business  adalah layanan dari Whatsapp yang tidak bisa didapatkan secara komersil namun Anda harus terlebih dulu menggunakan layanan pihak ketiga untuk mendaftarkan bisnis Anda menggunakan Whatsapp API Business  ini.

Salah satu layanan yang menghadirkan Whatsapp API Business  untuk Anda adalah Ping Notif aplikasi kirim pesan otomatis.

Lengkap dengan berbagai fitur Whatsapp API Business untuk melancarkan layanan pelanggan Anda, mulai dari fitur template teks untuk kirim notifikasi otomatis, Schedulling Message, Multi User sampai Autoreply.

Tidak hanya terbatas untuk kirim pesan kode OTP saja, melainkan juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan pelayanan seperti layanan tiketing, kirim inovoice otomatis, kirim jadwal otomatis dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Kirim notifikasi Whatsapp otomatis kepada pengguna layanan Anda sekarang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Whatsapp API Business. Layanan Whatsapp bisnis yang memiliki fitur lengkap dan dibutuhkan pelaku usaha.

Dalam hal kirim pesan otomatis untuk kode OTP juga dapat menggunakan Whatsapp API Business ini. Dapatkan layanan Whatsapp API Business hanya di Ping Notif.

Layanan Whatsapp API yang bersahabat dan terpercaya, membantu Anda dalam memenuhi pelayanan pelanggan.

Translate »