Ping Notif, Layanan Whatsapp Gateway di IndonesiaKomunikasi digital dengan pelanggan adalah salah satu cara untuk membangun dan meningkatkan customer experience dalam dunia bisnis. Namun komunikasi digital ini tidak hanya terbatas menggunakan sosial media atau e-commerce saja, karena menggunakan aplikasi perpesanan Whatsapp, Anda juga bisa meningkatkan customer experience bisnis.\

Kami menggunakan percontohan layanan di Indonesia yang memanfaatkan Whatsapp untuk pelayanan pelanggannya yaitu layanan booking tiket atau Tiket.com. Dimana ia menggunakan sistem Whatsapp Gateway yang mengirimkan informasi penting dan pribadi melalui Whatsapp secara otomatis. Baik itu pesan ticketing, pembayaran sampai pengiriman kode OTP.

Hal ini tentunya bisa mem-booster pegalaman pelanggan yang lebih baik lagi dalam hal kemudahan dan kepercayaan.

Anda juga bisa menggunakan cara yang sama yaitu melakukan pengiriman notifikasi otomatis melalui Whatsapp menggunakan Whatsapp Gateway Indonesia.

Informasi mengenai Whatsapp Gateway, hal detil tentangnya akan kita bahas di artikel berikut ini.

Whatsapp Gateway?

Jika dulu, banyak bisnis yang menggunakan layanan SMS gateway untuk mengirimkan informasi ke banyak pelanggan, sekarang cara ini sudah mengalami perkembangan yang cukup menarik, yaitu  Whatsapp Gateway.

Perkembangan aplikasi perpesanan Whatsapp yang cukup bagus, membuat mayoritas orang dalam skala global menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi. Hal inilah yang juga membuat Whatsapp menambahkan layanan API untuk aplikasi ini, dimana API inilah yang sangat berperan dalam penggunaan Whatsapp Gateway.

Baca Artikel : Kirim Notifikasi Invoice Otomatis Melalui Whatsapp

Namun yang pertama, mari kita membahas mengenai Whatsapp Gateway terlebih dahulu,

Whatsapp Gateway adalah sebuah sistem yang bekerja untuk bisa melakukan pengiriman dan penerimaan pesan ke Whatsapp secara otomatis, yang berasal dari aplikasi/website ke nomor Whatsapp Anda.

Yang menjadi satu kelebihan atau fungsi dari Whatsapp Gateway ini adalah ia bisa mengirimkan pesan secara otomatis ke Whatsapp pelanggan secara masal/dalam jumlah banyak.

Hal yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah, Whatsapp dan aplikasi/Website tersebut dalam kondisi saling terhubung oleh karena itu pengiriman pesan bisa dilakukan secara otomatis.

Jika biasanya, kita menuliskan satu persatu nomor untuk disimpan di kontak Whatsapp baru bisa melakukan pengiriman pesan, namun Whatsapp Gateway ini memungkinkan pengiriman pesan dilakukan secara otomatis tanpa harus melakukan penyimpanan kontak terlebih dahulu karena kontak langsung diambil dari database sehingga tidak perlu menginput satu persatu.

Oleh karena itu, pengiriman pesan dilakukan sangat cepat ke masing-masing nomor.

Proses Whatsapp Gateway

  1. Whatsapp dan aplikasi saling terhubung
  2. Informasi kontak pengguna aplikasi, tersimpan dalam database aplikasi
  3. Pengiriman pesan whatsapp dilakukan secara otomatis dengan kontak dari database
  4. Pengguna aplikasi mendapatkan pesan whatsapp

Bagaimana dengan Whatsapp API?

Dalam penggunaan Whatsapp Gateway, antara Whatsapp dan aplikasi/website dalam kondisi saling terhubung.

Nah salah satu komponen yang memungkinkan dua hal ini bisa terhubung adalah sistem API Whatsapp ini. Tanpa hubungan, Whatsapp Gateway tidak akan bisa dilakukan.

Whatsapp Gateway

API (Aplication Programming Interface) merupakan satu sistem yang dibuat sebagai perantara satu aplikasi dengan aplikasi lainya agar bisa saling terhubung.

Sehingga secara sederhana, dalam Whatsapp Gateway didalamnya ada Whatsapp API.

Jadi, Whatsapp Gateway adalah penyebaran pesan Whatsapp secara otomatis dan masal dari aplikasi/website sedangkan Whatsapp API yang menghubungkan Whatsapp dengan website/aplikasi.

Apakah sudah cukup paham sampai disini?

Contoh Penerapan Whatsapp Gateway yang dalam Kehidupan Sehari-hari

Menjelaskan prinsip kerja Whatsapp Gateway tanpa memberikan contoh yang sederhana, memang cukup rumit. Untuk itu Ping Notif akan memberikan beberapa contoh penggunaan Whatsapp Gateway dalam kehidupan sehari-hari

1. Pengiriman Kode OTP melalui Whatsapp

Pernahkah Anda mendapatkan pesan Whatsapp yang berisi kode OTP untuk masuk di aplikasi tersebut? Nah ini adalah satu contoh penggunaan Whatsapp Gateway yang dekat dengan kita.

Pengiriman kode OTP ini biasanya digunakan oleh aplikasi e-commerce, dompet digital atau layanan transaksi online sehingga untuk proses masuk dengan perlindungan kode OTP ini dikirimkan secara pribadi.

Misalnya saja, ketika Anda Log in dalam aplikasi perbelanjaan online, kami memberi contoh Shopee.

Ketika Anda mencoba masuk, aplikasi Shopee meminta pengisian kode OTP, setelah itu kode OTP masuk melalui Whatsapp Anda. Jika kode sudah diketahui, pengisian kode OTP untuk masuk Whatsapp bisa dilakukan dengan baik.

Nah disini, pengiriman pesan Whatsapp otomatis dari aplikasi Shopee ini dinamakan Whatsapp Gateway dan untuk menghubungkan Shopee dengan Whatsapp dibantu oleh Whatsapp API.

2. Pengiriman Billing atau Ticketing dari Aplikasi

Penerapan Whatsapp Gateway dalam keseharian juga berlaku untuk aplikasi booking tiket online.

Setelah melakukan pembayaran atau melakukan booking tiket, Anda akan mendapatkan informasi tiket dalam pesan Whatsapp. Mulai dari nomor pesanan tiket, tujuan, waktu dan lain sebagainya.

Nah, aplikasi booking tiket online ini menggunakan Whatsapp Gateway yang otomatis mengirimakan informasi pembayaran telah berhasil ataupun informasi tiket kepada penggunanya melalui Whatsapp.

Untuk menghubungkan aplikasi booking tiket dan Whatsapp memerlukan Whatsapp API.

Pengiriman pesan billing/invoice/ticketing ini adalah salah satu contoh Whatsapp Gateway Indonesia yang cukup banyak disekitar kita.

Menghubungkan Whatsapp Website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Whatsapp Gateway bisa digunakan untuk aplikasi/website.

Jika Whatsapp Gateway sudah banyak digunakan untuk aplikasi, bagaimana jika untuk menghubungkan website?

Baca juga : Bagaimana Mendapatkan Whatsaapp API Business menggunakan PING NOTIF?? 

Sekarang ini ada banyak sekali website bisnis yang digunakan untuk toko online dan website perusahaan. Nah Whatsapp API ini bisa menghubungkan Whatsapp dengan website juga.

Ini karena Whatsapp API bisa terhubung dengan plugin WooCommerce (Plugin website toko online ) maupun WHCMS yang berhubungan dengan billing.

Sehingga untuk Anda pemilik website yang ingin memberikan layanan customer berupa pengiriman informasi ke Whatsapp terkait invoice, after salles, informasi penting lainya, hal ini bisa dengan mudah dilakukan menggunakan layanan Whatsapp Gateway.

PING NOTIF : Layanan Whatsapp Gateway Terbaik di Indonesia

Anda juga bisa memberikan pesan otomatis kepada pelanggan dari website atau aplikasi bisnis yang Anda miliki.

Caranya yang paling mudah adalah menggunakan layanan provider Whatsapp Gateway di Indonesia. Salah satunya PING NOTIF. Layanan Whatsapp Gateway yang membantu Anda mengirimkan pesan otomatis kepada pelanggan melalui Whatsapp.

Memiliki banyak fitur layanan dan pilihan paket yang bisa Anda pilih. Coba Ping Notif secara gratis selama 7 hari dan tentukan paket yang Anda pilih.

Yuk tingkatkan customer experience bisnis Anda sekarang juga bersama Ping Notif.

 

Translate »