Layanan Ticketing Menggunakan WhatsApp Bussiness API – WhatsApp Business API adalah salah satu layanan WhatsApp yang cukup spesial. Kenapa layanan ini cukup spesial, karena WhatsApp sendiri mengeluarkan layanan ini untuk kebutuhan tertentu saja.

Jika kita sudah familiar dengan WhatsApp Business, tentu saja WhatsApp Business API  berbeda dengannya, walaupun sebenarnya WhatsApp Business API merupakan pengembangan yang lebih canggih lagi dibanding WhatsApp Business biasa.

Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pada WhatsApp Business API, salah satunya adalah pemberitahuan notifikasi ticketing untuk customer yang memesan tiket kendaraan. Bagaimana sih sebenarnya ticketing menggunakan WhatsApp Business API? Berikut Ping Notif akan membahasnya bersama.

Ticketing dengan WhatsApp Business API

Penjelasan lebih rinci mengenai WhatsApp Business API  bisa Anda baca pada artikel kami Mengenal Lebih Dekat Tentang WhatsApp API untuk Layanan Usaha Anda

Poin utama dari WhatsApp Business API adalah pengembangan dari WhatsApp Business biasa yang memiliki banyak fitur lengkap di dalamnya. Banyak profesi sudah mulai menggunakan WhatsApp Business API, kegunaan yang luas bisa Anda nikmati untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah pelayanan ticketing untuk pelanggan.

WhatsApp Business API merupakan sistem yang bisa membantu Anda memberikan notifikasi untuk siapa saja, pesan broadcast untuk banyak orang, ataupun pesan terjadwal, bisa banget menggunakan sistem ini. Nah fitur-fitur inilah yang mendukung layanan ticketing dilakukan. Bagaimana sih sebenarnya bentuk dari ticketing menggunakan WhatsApp Business API itu?

Sebelum itu kita tahu dulu apa itu ticketing, ticketing dengan WhatsApp adalah memberikan notifikasi atau pesan masuk ke WhatsApp pelanggan yang berisi rincian tiket yang ia pesan. Ada banyak hal yang menyangkut tiketing ini, mulai dari informasi pemesanan tiket yang sudah didapatkan, informasi pemasanan produk lain yang sudah sukses dan lain sebagainya. Intinya adalah pemberitahuan informasi kepada pelanggan bahwa ia telah melakukan pembelian dan telah berhasil.

Namun jika proses ticketing menggunakan WhatsApp Business API adalah seperti berikut. Jadi ketika Anda menghubungkan WhatsApp Business API dengan website layanan Anda. Ketika pelanggan Anda mengakses website dan melakukan pemesanan, maka notifikasi tersebut akan langsung masuk dalam sistem dan otomatis akan mengirim pemberitahuan detail pesanan yang dipesan customer ke WhatsApp pribadi si pemesan, hal ini untuk memberitahukan bahwa pemesanan sudah berhasil dilakukan.

Misalnya Anda menghubungkan WhatsApp Business API pada website layanan hosting, maka ketika ada orang yang melakukan pemesanan lewat website, akan ada notifikasi pemesanan yang akan masuk pada nomor pribadi pemesan, dan kepada si pemilik pesanan. Jadi ini adalah pesan notifikasi.

Seperti itu lah garis besar melakukan proses ticketing dengan WhatsApp Business API, yaitu untuk memberitahukan bahwa layanan yang diorder sudah didapatkan dengan baik.

Apa Sih Kelebihan Notifikasi Tiket dengan WhatsApp Business API???

Berikut adalah kelebihan yang bisa Anda rasakan jika menggunakan WhatsApp Business API untuk keperluan ticketing.

  1. Memudahkan Customer

Penggunaan WhatsApp Business API untuk proses ticketing sangat memudahkan pelanggan, karena mereka mendapatkan notifikasi resmi dari layanan, sehingga tidak perlu follow up lagi bahwa orderannya sudah berhasil atau belum, karena dengan notifikasi yang masuk di kontaknya menjadi penanda bahwa ia sudah berhasil dalam pemesanan.

  1. Memberikan Layanan yang Utama

Jika mengirimkan notifikasi otomatis memberikan kemudahan untuk pelanggan, maka ia juga memberikan hal yang positif untuk pemilik layanan dimana ia dinilai memberikan layanan yang prima. Banyak sekali layanan yang tidak memberitahukan apakah orderan sudah berhasil ataukah belum, namun jika memberikan notifikasi seperti ini akan lebih jelas.

Hal ini sebagai bentuk pemberian layanan yang utama untuk customer, sehingga jika  customer merasa lebih mudah dan nyaman, ia akan mempercayakan kepada layanan Anda lagi, pun kualitas layanan Anda di mata customer juga lebih baik.

  1. Terhubung dengan Pelanggan

WhatsApp Business API selain memberikan notifikasi secara otomatis, juga bisa digunakan untuk perpesanan dengan pelanggan, jadi Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API  sekaligus untuk layanan pelanggan. Jadi satu kontak untuk berhubungan dengan pelanggan.

Bagaimana Caranya Menggunakan WhatsApp Business API?

Layanan WhatsApp Business API ini hanya bisa digunakan jika Anda terhubung dengan provider, salah satunya adalah Ping Notif, karena layanan ini tidak bisa di dapatkan dengan mudah seperti layanan WhatsApp yang lainya. Namun harus melalui provider tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan WhatsApp Business API untuk proses ticketing ataupun pemberian notifikasi otomatis lainya kepada pelanggan, maka Anda bisa menggunakan layanan Ping Notif.whatsapp api

Layanan yang menghubungkan WhatsApp Business API dengan website Anda, baik itu website toko online maupun website layanan yang lainya. Dengan Ping Notif Anda bisa langsung mengakses WhatsApp Business API dengan dashboard yang mudah digunakan, banyak fitur yang bisa Anda nikmati, dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca  Artikel : Bagaimana Mendapatkan Whatsaapp API Business menggunakan PING NOTIF??

Selain bisa digunakan untuk notifikasi proses ticketing, WhatsApp Business API juga bisa digunakan untuk melakukan pelayanan Customer Care kepada pelanggan, berupa layanan chat. Ada banyak fitur yang mendukung, misalnya Scheduling message, broadcast maupun yang lainya.

Kesimpulan

Ticketing menggunakan WhatsApp Business API sangat membantu pemilik layanan untuk memberikan layanan utama dan tentunya memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai layanan yang ia pesan.

Jika Anda menginginkan layanan ticketing ini bisa langsung menggunakan PING NOTIF.

Translate »