Mengenal Lebih Jauh Kemanan End to End Enkripsi WhatsApp – Keamanan merupakan faktor penting dalam penggunakan berbagai teknologi digital, sebab dengan perkembangan digital tak hanya membawa banyak manfaat namun kejahatan di dunia internet juga semakin berkembang.

Salah satu media yang rawan akan peretasan dan kebocoran informasi adalah media perpesanan online. Hal ini menjadi satu kekhawatiran sendiri untuk penggunannya jika ingin mengirimkan pesan yang lebih privat untuk seseorang.

Salah satu media perpesanan yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp, sekarang ini Whatsapp dikenal sebagai media perpesanan yang aman dengan perlindungan end to end untuk mencegah privasi pengguna bisa diakses orang lain. Apa sih sebenanya keamanan end to end enkripsi Whatsapp ? Apakah benar-benar aman? Berikut Ping Notif akan mengulasnya.

Keamanan End to End WhatsApp

Perlindungan keamanan end to end enkripsi WhatsApp adalah bentuk pencegahan kejahatan yang digunakan WhatsApp untuk menghindari pencurian informasi yang dilakukan oleh pihak ketiga.

Keunggulan utama yang dimiliki perlindungan enkripsi ini adalah akses perpesanan hanya bisa dilakukan oleh pihak yang bersangkutan saja, sehingga pihak ketiga sama sekali tidak memiliki akses untuk ini, kemungkinan pencurian data juga lebih kecil.

Dalam report yang ditulis oleh Fadly Sanjaya konsep enkripsi end to end dapat diumpakan sebagai berikut :

Image 1 Keamanan End To End Enkripsi Whatsapp Oleh Fadly Sanjaya

Gambar di atas dapat dilihat bahwa ada jalur khusu yang melintang antara pengirim pesan dan penerima, jalur tersebut dilindungi oleh pelapis pesan, inilah yang disebut sebagai end to end enkripsi pesan sehingga ia bisa melindungi pesan yang terkirim dari sender ke recipient.

Sedangkan menurut WhatsApp sendiri penggunaan sistem keamanan enkripsi end to end adalah untuk memastikan bahwa pihak yang bisa mengakses perpesanan hanyalah penerima dan pengirim saja. Tidak ada orang ketiga yang bisa ikut membaca perpesanan Anda.

Baca Artikel : Mengenal Profesi Staff Penagihan atau Desk Collection

Kemanan enkripsi ini sudah otomatis didapatkan ketika melakukan aktifitas perpesanan baik menerima atau mengirip pesan. Dalam enkripsi ini, ada kunci yang hanya dimiliki penerima dan pengirim pesan saja untuk membuka gembok dan mengaksesnya. Kemanan ini sudah tersistem secara otomatis sehingga pengguna layanan ini tidak perlu melakukan pengaturan atau aktivasi apapun.

Sistem enkripsi end to end ini tidak hanya bisa melindungi pesan teks saja melainkan media seperti gambar, audio, video, pesan suara dan dokumen sehingga membuatnya lebih aman.

Jenis Kunci End to End Enkripsi yang Digunakan WhatsApp

Kita hanya mengenal WhatsApp hanya menggunakan keaamanan end to end enkripsi saja untuk melindungi privasi penggunannya. Namun lebih spesifiknya jenis kunci keamanan end to end enkripsi Whatsapp yang digunakan adalah berjenis One Time Pre Keys yang memilik barisan pasang kunci Curve25519.

Jenis kunci ini akan muncul saat proses instalasi WhatsApp dan pada waktu-waktu yang dibutuhkan. Sebenarnya ada beberapa kunci yang digunakan untuk keamanan end to end enkripsi, namun kunci jenis Curve25519 inilah yang memiliki kekuatan keamanan cukup baik dibanding dengan kunci lainya selain itu kemampuan komputasi kunci ini juga lebih baik.

Kenapa kunci ini dipilih WhatsApp untuk kunci keamanannya adalah karena

  1. Kunci Curve25519 ini memiliki kemampuan yang cukup tinggi untuk prosesnya karena kecepatannya cukup bagus.
  2. Tidak terpengaruh dengan masalah timing attack, cache timing attack dan

Bagaimana dengan WhatsApp Bisnis?

Jika membicarakan kemanan WhatsApp maka pastinya keamanan yang diberikan dilakukan secara menyeluruh, untuk WhatsApp reguler maupun WhatsApp  bisnis dan WhatsApp API bisnis.

Hal ini juga disampaikan WhatsApp bahwa chat yang dilakukan menggunakan akun bisnis WhatsApp dengan pelanggan akan tersimpan dan terenkripsi secara end to end. Jadi dengan informasi ini, kemanan WhatsApp  sudah tidak diragukan lagi, termasuk dalam penggunaan WhatsApp API bisnis maupaun WhatsApp bisnis.

Ketika Anda menggunakan layanan perpesanan WhatsApp  untuk berkomunikasi dengan pelanggan, bisa dilakukan secara aman.

Salah satu layanan yang membantu Anda mengakses WhatsApp API bisnis adalah PING NOTIF, aplikasi dan layanan yang menghubungkan WhatsApp API dengan WhatsApp  Anda agar bisa diakses dengan mudah menggunakan perangkat dektop.

Kemudahan ini bisa Anda manfaatkan untuk layanan pelanggan sehingga Anda bisa meng-handle kebutuhanpelanggan dengan baik dan mudah dari tampilan dashboard saja.

Kenapa Kemanan itu Penting?

Keamanan ketika melakukan perpesanan dengan pelanggan adalah satu hal yang penting, karena ada kemungkinan pertukaran informasi pribadi seperti nomor rekening, alamat atau hal privat lainnya yang akan membahayakan jika sampai di tangan orang yang tidak tepat.

Keamanan end to end

Keamanan end to end ini selain memberikan perlindungan agar pesan tidak terakses pihak ketiga juga memberikan perlindungan agar konten-konten yang dikirimkan tetap terjaga keasliannya atau tidak bisa di edit/dirubah oleh siapapun.

Baca Artikel : Bagaimana Mendapatkan Whatsaapp API Business menggunakan PING NOTIF??

Untuk itu WhatsApp memberikan perlindungan agar aktifitas perpesanan menggunakan WhatsApp  bisa lebih aman

Kesimpulan

WhatsApp sebagai layanan perpesanan sudah memiliki perlindungan terbaik untuk penggunanya, yaitu penggunaan fitur keamanan end to end enkripsi Whatsapp sehingga dengan fitur keamanan ini aktifitas perpesanan bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Fitur kemanan ini bisa digunakan untuk melindungi pesan, data berupa dokumen, gambar, video, audio, suara dan lain sebagainya dengan baik.

Pun keamanan WhatsApp ini juga bisa dinikmati WhatsApp bisnis juga. Salah satu layanan yang membantu Anda mendapatkan WhatsApp API adalah PING NOTIF. Akses untuk pelanggan Anda jadi lebih mudah dan cepat.

Translate »