Yuk Cobain Whatsapp Marketing untuk Usaha Onlinemu! – Apakah kamu pernah mendapatkan pesan promosi via SMS? Biasanya pesan promosi ini berasal dari provider yang menawarkan banyak layanan. Pesan ini disebut sebagai broadcast message yang berfungsi untuk keperluan marketing atau pemasaran jadi mereka bisa mengetahui layanan terbaru dan tertarik dengan layanan tersebut lewat SMS. Namun perpesanan sekarang bergeser ke platform perpesanan online, dengan begitu media promosi broadcast message melalui SMS ini mulai di tinggalkan karena dianggap tidak efektif atau penggunaan hanya pada bidang tertentu saja seperti perusaahaan telekomunikasi atau profider. Promosi menggunakan media perpesanan online  ini mulai marak digunakan apalagi munculnya Whatsapp API yang membantu penyebaran informasi jadi lebih mudah menggunakan Whatsapp, kamu juga bisa menggunakan cara promosi Whatsapp Marketing ini untuk usahamu. Bagaimana sih promosi menggunakan whatsapp marketing itu? Yuk kita bahas bersama Ping Notif

Whatsapp Marketing?

Whatsapp marketing adalah media promosi kepada pelanggan menggunakan aplikasi perpesanan online Whatsapp. Kemudian bagaimana cara yang dilakukan? Cara yang digunakan adalah dengan mengirimkan pesan broadcast kepada pelanggan yang berisi pesan promosi yang bertujuan untuk membuat pelanggan tertarik dengan layanan atau promosi yang ada. Whatsapp marketing sangat lumrah digunakan untuk pemilik usaha dengan skala menengah ke atas. Whatsapp marketing ini umumnya menggunakan Whatsapp API yang berbeda dengan Whatsapp bisnis yang banyak digunakan saat ini.

Memangnya apa bedanya Whatsapp API dengan Whatsapp Bisnis? Terdapat perbedaan yang mencolok dari kedua layanan Whatsapp  ini.  Whatsapp bisnis adalah layanan gratis yang ditujukan untuk pengusaha menengah ke bawah yang tentunya fiturnya masih terbatas namun Whatsapp  API ditujukan untuk pengusahan menengah ke atas dengan fitur yang cukup lengkap namun berbayar. Whatsapp API bisa dihubungkan dengan berbagai media lain seperti e-commerce atau website toko online sehingga nantinya penyebaran pesan ke pelanggan bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus menyimpan nomor pelanggan satu persatu. Sedangkan jika menggunakan Whatsapp bisnis biasa tidak bisa dihubungkan dengan media lain, pun beberapa layanannya cukup terbatas. Jika kamu ingin mengetahui perbedaan Whatsapp API dan Whatsapp bisnis bisa membaca artikel PING NOTIF berikut ini backlink artikel Yuk Manfaatkan Whatsapp Bussiness Untuk Kesuksesan Usaha 

Bentuk Whatsapp marketing yang cukup banyak digunakan adalah untuk menyampaikan informasi layanan, menyampaikan event tertentu seperti promo di waktu-waktu tertentu, memberikan notifikasi atau pemberitahuan kepada pelanggan akan order barangnya dan juga bisa digunakan untuk melakukan penagihan pembayaran.

Kenapa Menggunakan Whatsapp ??

Pergeseran media perpesanan dari SMS menjadi Whatsapp adalah salah satu alasan kenapa marketing menggunakan Whatsapp, selain itu juga karena Whatsapp adalah salah satu media perpesanan yang banyak digunakan sebagai media perpesanan utama bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Di masa ini hampir semua orang dari berbagai kalangan dan umur sudah memiliki Whatsapp untuk berhubungan dengan orang lain pun mereka juga menguasai aplikasi ini dengan baik maka tidak heran kenapa Whatsapp adalah media perpesanan yang dipilih untuk melakukan kegiatan marketing.

Baca Artikel : Layanan Customer Service, Berarti dan Penting untuk Bisnis Anda

Bagaimana dengan media perpesanan yang lain? Seperti yang sudah di tulis media perpesanan utama yang banyak digunakan mayoritas masyarakat Indonesia adalah Whatsapp untuk media perpesanan sehari-hari sehingga banyak orang yang menggunakan Whatsapp daripada media perpesanan yang lain

Apa Yang Dilakukan Untuk Melakukan Whatsapp Marketing??

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan Whatsapp marketing adalah

  1. Melakukan Broadcast Message

Broadcast message adalah hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara untuk melakuakan Whatsapp Message, hanya saja tidak semua konsumen menyukai broadcast message darimu karena dirasa akan mengganggu privasinya. Ada aturan atau etika tersendiri jika kamu ingin menggunakan cara broadcast message untuk melakukan promosi, yaitu lakukan untuk kebutuhan tertentu saja misalnya pemberitahuan penting atau urusan saran dan masukan. Mengirimkan pesan promosi terus menerus hanya akan mengganggu pelanggan kamu, jika ingin  melakukan promosi lewat broadcast message maka lakukan dalam skala dan waktu tertentu saja agar tidak mengganggu pelanggan.

  1. Menggunakan Whatsapp Status Untuk Promosi

Hal yang bisa kamu lakukan untuk Whatsapp marketing adalah dengan membuat postingan status dengan begitu ini bisa dilihat pelanggan kamu tanpa mengganggunya. Sebaliknya mereka akan langsung menghubungimu jika membutuhkannya. Misalnya untuk pemesanan produk maupun pemesanan layanan. Informasi terbaru dari usahamu juga bisa kamu post di status ini sehingga pelanggan akan mengetahuinya dengan baik. Atau layanan yang kamu berikan bisa menjadi di posting untuk menarik minat pelanggan. Misalnya bisnis salon kecantikan yang kamu jalankan, hasil layanan  seperti make up, hair do atau perawatan lainya bisa kamu post untuk menarik pelanggan menggunakan jasamu.Promosi bentuk lain adalah dengan rutin-rutin melakukan posting produk agar pelanggan mengetahui produk apa saja yang kamu jual.

Baca Artikel : Yuk Manfaatkan Whatsapp Bussiness Untuk Kesuksesan Usaha  

  1. Menggunakan Profil Whatsapp Yang Profesional

Taukah kamu jika produk dan layanan kamu bisa kamu pasang di profil Whatsapp, seperti foto produk dan keterangan atau alamat layanan dan mapsnya. Ini menggunakan Whatsapp bisnis, sehingga seseorang mengetahui layanan kamu dengan mudah. Maraknya teknologi dan pergeseran media perpesanan membuat metode marketing juga terus berkembang. Kamu bisa mengikutinya dan menggunakan Whatsapp sebagai media marketing untuk layanan konsumen, hubungkan Whatsapp mu dengan website usaha atau toko online untuk memudahkan kirim notifikasi kepada pelanggan, menghubungkan ini memerlukan aplikasi penghubung seperti PING NOTIF. Membantu menghubungkan Whatsapp dengan website bisnis untuk pelayanan pelanggan yang prima. Yuk cobain!

Baca Artikel : Mengenal WhatsApp Gateway Untuk Bisnis 

Translate »