Mengenal Lebih Dekat Tentang WhatsApp  API untuk Layanan Usaha AndaPelaku bisnis seringkali menggunakan aplikasi WhatsApp untuk memberikan pelayanan kepada customernya, WhatsApp  yang biasa digunakan untuk membantu bisnis untuk pelayanan adalah jenis WhatsApp  Business. WhatsApp  jenis ini memang ditujukan untuk memberikan kemudahan untuk pelaku bisnis dalam memberikan pelayanan kepada customernya, salah satu fitur andalannya adalah pembalasan pesan secara otomatis sehingga customer bisa mendapatkan balasan cepat.

Selain mengeluarkan WhatsApp  Business ternyata whatssapp juga mengeluarkan WhatsApp Business API. Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang WhatsApp API ini? Apa sih perbedaaan WhatsApp  Business dengan WhatsApp Business API? Mari kita ulas di artikel berikut

WhatsApp  Business API

WhatsApp  API atau Application Programing Interface merupakan pengembangan WhatsApp  yang digunakan untuk memberi pelayanan terbaik kepada customer. WhatsApp  API ini memang ditujukan untuk pelaku bisnis yang sudah memiliki bisnis berskala menengah ke atas yang sudah memiliki banyuak customer untuk di handle. Prinsip kerja dari WhatsApp API adalah mengintegrasikan atau menyambungkan satu software dengan WhatsApp  yang digunakan untuk melayani customer sehingga dalam penggunaan WhatsApp  API ini  perusahaan harus memiliki satu software khusus agar bisa disambungkan dengan WhatsApp  untuk layanan customer. Tanpa penghubung, WhatsApp API tidak bisa di sambungkan atau digunakan ke WhatsApp  biasa.

Salah satu software yang digunakan untuk menghubungkan WhatsApp  agar bisa menikmati fitur WhatsApp Business API adalah Ping Notif. Beberapa fitur yang ada dalam WhatsApp  API adalah

  1. Chatbot
  2. Multi Agent Access
  3. Verified Business Profil
  4. Mengirimkan pesan ke banyak penerima
  5. Schedulling message
  6. Template message

Salah satu fitur yang paling utama dalam penggunaan WhatsApp Business API adalah adanya chatbot, multi agent access dan mengirimkan pesan ke banyak penrima tanpa batas. Chatbot adalah satu teknologi yang menggunakan teknologi AI atau Artificial Intellegence sehingga bisa membalas pesan yang masuk secara otomatis, uniknya chatbot yang menggunakan teknologi AI ini bisa membalas pesan customer sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Teknologi AI menggunakan sistem pendeteksi keyword yang ditanyakan oleh customer sehingga ia bisa memberikan jawaban dengan menyesuaikan keyword yang diberikan. Menggunakan chatbot ini pula customer bisa merasakan pelayanan yang lebih natural dengan pengaturan bahasa yang dilakukan, tidak seperti sedang chating dengan mesin.

Baca Artikel : Profesi Yang Membutuhkan Aplikasi ChatBot 

Keunggulan yang kedua dari WhatsApp  API adalah bisa diakses oleh banyak admin sekaligus, sehingga tetap menggunakan satu nomor WhatsApp  namun bisa diakses oleh banyak orang. Hal ini memudahkan perusahaan untuk memberikan pelayanan dengan cepat dan leluasa untuk banyak admin. Akses untuk admin ini pun bisa dilakukan menggunakan desktop atau website jadi lebih mudah.

Yang ketiga adalah bisa digunakan untuk mengirimkan pesan secara serentak tanpa batasan penerima, jika di WhatsApp  biasa dan WhatsApp  bisnis kamu mengirimkan pesan secara terbatas, hal ini tidak terjadi ketika kamu menggunakan WhatsApp  Business API karena kamu bisa mengirimkan pesan terkirim ke banyak penerima tanpa batas. Kelebihan yang dimiliki WhatsApp  Business API ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang sudah memiliki banyak customer, sehingga dalam menghandle nya bisa dibantu menggunakan WhatsApp  Business API. Bisa chatbot, bisa kirim notifikasi otomatis ke banyak penerima tanpa batas dan bisa diakses oleh banyak admin.

WhatsApp  API VS WhatsApp  Business

Walaupun sama-sama pengembangan dari aplikasi perpesanan WhatsApp namun WhatsApp Business dengan WhatsApp Business API berbeda lho. Dari segi penggunaan kedua hal ini sudah berbeda, WhatsApp Business ditujukan untuk pelaku bisnis yang brada dalam skala kecil dimana jumlah customer dan kepentingannya masih cukup belum tinggi. Sedangkan menggunakan WhatsApp Business API ditujukan untuk pelaku bisnis yang sudah berkembang dimana membutuhkan fitur-fitur pendukung khusus dan jumlah customernya sudah cukup banyak.

Baca Artikel : Layanan Customer Service, Berarti dan Penting untuk Bisnis Anda! 

Menggunakan WhatsApp Business biasa kamu bisa mengunduhnya secara bebas di perangkat handphone kamu,  sedangkan untuk bisa mengakses WhatsApp API kamu harus menggunakan satu software khusus untuk menyambungkan dengan whatsapp. Kemudian, dalam WhatsApp Business, admin yang bisa menghandle cukup terbatas, karena WhatsApp ini hanya bisa diakses oleh dua perangkat saja. Sedangkan untuk WhatsApp Business API bisa digunakan oleh banyak perangkat di waktu bersamaan, sehingga admin untuk melayani customer bisa lebih dari dua. Tentunya hal ini akan memudahkan perusaahan dalam memberikan pelayaan kepada customer.

Dari segi fitur, sudah jelas bahwa WhatsApp Business API memiliki fitur yang lebh lengkap daripada WhatsApp Business biasa. Dalam WhatsApp Business API terdapat fitur chatbot, penerima pesan tanpa batas dan Multi Agent Access yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Business biasa.

Apa Kelebihan Pelayanan Menggunakan WhatsApp Business API??

  1. Melayani Pelanggan dengan Cepat

Menggunakan WhatsApp Business API, perusahaan bisa melayani pelanggan dengan mudah dan cepat. Menggunakan sistem balas pesan otomatis membuat customer yang mengirimkan pesan kepada perusahaan bisa segera di tanggapi. Terkadang hal ini sulit untuk dilakukan oleh Customer Service yang harus membalas pesan satu-per satu. Untuk itu untuk membantu kerja customer service, perusahaan bisa menggunakan jasa WhatsApp business API. Membalas pesan tertalu lama dan membiarkan customer menunggu adalah satu tindakan yang salah ketika sedang melayani customer jadi beri pelayanan ekstra ke customer menggunakan WhatsApp business API.

  1. Menghemat Biaya

Perusahaan yang menerapkan WhatsApp Business API bisa menghemat uang untuk membayar customer service, sehingga pengeluaran lebih hemat. Terutama untuk jam malam dimana waktu opersional perusahaan sudah tutup, layanan customer tetap bisa dilakukan menggunakan  WhatsApp business API ini. Jadi tidak perlu membayar uang lembur untuk karyawan lagi.

  1. Bisa Diakses untuk Beberapa Admin

Keuntungan lain ketika menggunakan WhatsApp business API adalah perusahaan bisa mengakses WhatsApp pelayanan untuk banyak orang sehingga tidak terbatas hanya 2 admin customer service saja, melainkan banyak admin customer service. Hal ini akan membantu pemberian layanan yang baik untuk customer.

Baca Artikel : Pentingnya Meningkatkan Integritas Dalam Berbisnis Dengan Pingnotif 

Sisi Negatif Jika Menggunakan WhatsApp Business API

  1. Menghilangkan Kinerja Customer Service

Menggunakan Whatsaap Business API memang memberi keuntungan untuk pelaku bisnis karena tidak perlu membayar tenaga karyawan namun hal ini malah akan memberikan kerugian kepada karyawan atau Customer Service karena tugas mereka teralihkan dengan robot.

  1. Beberapa Masalah Tidak Bisa Diselesaikan

Walau chatbot memberikan banyak pelayanan ekstra namun robot tetap saja robot yang bekerja bedasarkan aturan yang dibuat. Chatbot tidak bisa memberikan solusi ketika ada masalah rumit yang berasal dari Customer sehingga hal ini membuat WhatsApp business API tetap membutuhkan kontrol dari manusia untuk menyelesaikan masalah yang rumit.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki pandangan terhadap WhatsApp Business API?? pengembangan apilikasi WhatsApp ini memang memberikan banyak keuntungan untuk pelaku bisnis terutama yang suda di skala atas dimana pelayanan adalah nomor 1. Kamu bisa banget menggunakan WhatsApp Business API untuk membantu mengurus pelayanan customer! Gunakan PING NOTIF untuk menghubungkan WhatsApp API dengan WhatsApp untuk pelayanan, mudah dan profesional! informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi www.pingnotif.com 

 

 

 

 

Translate »