Apasih yang Membuat Mahasiswa Menderita Pas Kuliah?? – Hai mahasiswa bagaimana kabar perkuliahanmu? Masihkah lancar atau sudah mengalami masa-masa sulit di semester tua yang harus mengurus KKN, Magang dan persiapan untuk skripsi maupun Tugas Akhir. Membicarakan soal mahasiswa adalah hal yang cukup seru ya! Apalagi jika bernostalgia saat kuliah pasti banyak cerita, mulai dari persoalan anak kos yang kehabisan uang sampai dengan bermasalah dengan dosen pembimbing. Apa momen paling menderita saat menjadi mahasiswa? Berikut adalah beberapa alasan yang membuat mahasiswa menderita, apa saja? Yuk kita simak bareng-bareng

  • Terlanjur berangkat…

Ini adalah hal yang paling sering dikeluhkan mahasiswa kepada dosen yang jahil. Kamu pasti pernah merasakan bangun pagi untuk kuliah, badan masih lelah, ngantuk harus berjuang untuk tetap berangkat kuliah eh sampai di kampus dosennya kosong alias tidak bisa mengajar dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, hal yang juga sering terjadi adalah tugas presentasi, malam udah siap-siap bikin materi kelompok dan siap-siap untuk melakukan presentasi dengan baik, udah belajar bahkan udah menyiapkan cadangan jawaban kalau ada yang tanya, tapi pas sudah masuk kelas ditunggu 15 menit sampai 20 menit dosen tidak datang tanpa ada pemberitahuan. Sayangnya hal ini tidak sekali dua kali namun sering dirasakan mahasiswa, yang rumahnya jauh terpaksa harus mengungsi di kostan teman biar nggak bolak-balik ke kampus.

Baca : Ping Notif Dengan Integrasi Yang canggih Untuk WhatsAppmu

Kenapa sih? Kenapa? Kenapa dosen tidak memberitahu sebelumnya bahwa ia tidak akan datang untuk mengajar, kan udah bangun pagi dan udah ready banget buat presentasi,” beginilah keluhan mahasiswa soal dosen yang tidak datang mengajar.

Bapak ibu dosen, sekarang kan sudah ada teknologi komunikasi bernama Whatsapp jadi berkabar menjadi lebih mudah, kenapa kami tidak diberitahu sebelumnya. Atau sekarang sudah ada pula aplikasi yang memudahkan bapak/ibu dosen berkabar dengan mahasiswa dengan mudah, misalnya PING NOTIF yang bisa membantu menjadwalkan untuk kirim pesan otomatis ke banyak mahasiswa dengan mudah dan tidak membuang waktu jadi tidak akan lupa. Atau fitur template teks yang membantu bapak/ibu membalas pesan banyak mahasiswa dengan mudah.

Kalau sudah dikabari begitukan membuat kita bisa tetap beraktifitas di kostan pak/bu.

  • Dapat kelompok yang….

Penderitaan mahasiswa selanjutnya adalah mendapatkan kelompok nugas yang bodo amat dan pasif banget atau malah sebaliknya saking ambisnya jadi pelit berbagi ilmu. Pernahkah mendapatkan teman sekelompok yang seperti ini? Karakter manusia emang banget tapi karakter seperti ini cukup membuat rekan kelompok menderita ya. Huhu… Dapat kelompok yang aktif semua pastinya kamu sedang beruntung karena semua memiliki jatah untuk mengerjakan dan berbagi pemikiran, lalu bagaimana dengan anggota yang pasif? Susah diajak nugas dan kalau nugas tidak menyumbangkan pemikiran, apa gunanya? Untuk kamu yang memiliki tugas berkelompok, usahakan sumbangkan pemikiran dan tenaga seperti apa yang temanmu lakukan hal ini akan menjadikanmu lebih aktif dan berguna.

  • Bimbingan tapi kok..

Nah ini adalah derita anak mahasiswa akhir yang hendak magang atau lagi mengurus skripsi. Sudah bingung masalah mata kuliah dan nugas, sekarang harus lagi mengurus masalah magang. Pusing banget. Masalahnya harus menemui dosen untuk dapat tanda tangan, tapi dosen tidak bisa dihubungi malah lagi ke luar negeri, mahasiswa auto menangis melihat ini.

Kasus di atas hanyalah satu diantara banyak kasus saat bimbingan, saat sudah memasuki penyusunan TA maupun skripsi ternyata dosen tidak setuju dengan tulisanmu sehingga semua draft tugas akhir penuh dengan coretan dan mulai lagi dari awal.

Yuk.. kita mulai dari awal lagi yuk” begitulah mahasiswa menghibur diri dan menahan tangis.

Setali tiga uang dengan kasus di atas, hal yang membuat mahasiswa menderita adalah dosen pembimbing yang plinplan. Sudah PD banget berangkat ke kampus untuk bimbingan, dosen yang ditunggu pun juga sudah ada, bimbingan pasti lancar segera ACC. Eh saat naskah tugas akhir di baca kembali, dosen meminta revisi lagi

send message ping notif

send message ping notif

ini kurang sedikit, dik” katanya

“lho kok ini seperti ini kan saya sudah bilang buat yang…..”

“aduh maaf ya saya kemarin kurang teliti, ini dibenahi lagi ya dik, habis ini saya ACC kalau sudah direvisi.”

Mahasiswa dalam hati ingin menangis, padahal sudah optimis akan di ACC eh kok masih ada lagi yang di revisi. Ada lagi kasus dosen plinplan yang kemarin mengatakan A minta berubah B dan meminta A lagi, kan mahasiswa jadi sedih kalau gonta ganti teori terus. Memang ya, menjadi mahasiswa semester akhir harus lebih bisa membesarkan hati dan banyak beribadah biar dipermudah. Ada saja ujian untuk mahasiswa tugas akhir, gimana ya caranya agar bisa lulus tanpa skripsi atau tugas akhir hadeeh. Sabar ya kak!

  • Cari literatur dimana ya?

Literatur dari perpustakaan adalah hal yang sangat dibutuhkan mahasiswa semester berapapun, tanpa ada literatur dari perpustakaan mahasiswa bingung mau cari sumber darimana, apalagi kalau topiknya jarang di bahas, di internetpun akan susah banget dapatnya. Mencari literatur adalah hal yang sangat membuat mahasiswa menderita dalam menyelesaikan tugas apalagi zaman pandemi. Beruntunglah kamu yang perpustakaannya sudah bisa diakses secara online, bagaimana dengan perpustakaan yang tidak bisa mengakses literatur secara online? Yang aktif ya tanya-tanya kakak tingkat yang pasif ya sudahlah ya!

Baca : Pemanfaatan Teknologi dan Aplikasi Online di Lingkup Kampus 

  • Ikut organisasi kok ternyata ribet ya 🙁

Hayo siapa disini yang ikut organisasi tapi setengah-setengah? Yang membuat menderita saat ikut berorganisasi adalah susah membagi waktu antara tugas kuliah dan tugas yang diberikan di organisasi. Yang sering terjadi nih banyak mahasiswa yang terlambat lulus ketika ia terlalu asik berorganisasi. Ada juga yang imbang keduanya. Membagi waktu berorganisasi dan kuliah memang cukup sulit rasanya ingin keluar dari organisasi saja, tapi kok sayang, karena yang sulit membagi waktunya bukan berorganisasinya. Biasanya organisasi yang sibuk banget BEM ataupun Rohis, agenda acara padat, tugaspun juga sudah mengantri. Mau nangis sajaa….

  • Abis lulus aku ngapain ya..

Ini adalah hal yang sering dipikirkan mahasiswa semester akhir. Mahasiswa akhir lagi…

Tengah malam overthink memikirkan

“enggak pinter akademik, organisasi juga pas pasan, skill enggak ada, salah jurusan lagi, aku besok mau kemana abis lulus 🙁

Hampir semua mahasiswa semester akhir overthinking mau kemana setelah lulus dan merasa salah jurusan. Kalau kamu juga merasakan salah jurusan dan bingung mau kemana ga si setelah kuliah? Hal ini cukup membuat mahasiswa menderita namun pada akhirnya hari terus berjalan hingga akhirnya bisa lulus dan mendapatkan pekerjaan dengan baik. Sia-sia deh overthinking nya. Menjadi mahasiswa memang sangat seru dan banyak kenangan tercipta, dibalik penderitaan pasti ada hikmah yang bisa diambil setelahnya. Untuk kamu yang ingin memberikan saran, agar Bapak/Ibu lebih mudah untuk berkomunikasi bisa menggunakan layanan PING NOTIF yang bisa dikunjungi melalui www.pingnotif.com. Nah  Apa sih penderitaanmu pas jadi mahasiswa?

 

 

 

 

 

Translate »