Mengulik Bisnis Catering RumahanSemakin padatnya jadwal bekerja dari pagi sampai sore seseorang lebih memilih menggunakan waktunya untuk beristirahat dan mencari hiburan termasuk dalam hal memasak makanan. Sekarang ini orang lebih suka memesan makanan untuk makan sehari-hari, hal ini juga berlaku untuk acara-acara tertentu di rumah. Memesan makanan adalah opsi terbaik dan instan daripada ribet menyiapkan dan membereskan makanan untuk acara, solusinya menggunakan jasa catering rumahan.

Membicarakan katering rumahan pasti sudah sangat familiar di telinga kalian, ada beberapa jenis katering yang banyak digunakan salah satunya adalah katering rumahan  yang sering digunakan untuk acara kecil skala rumahan dengan porsi 100-200 orang. Jika di rumah ada acara arisan keluarga atau yang lainya pasti menggunakan jasa catering rumahan ini. Selain sebagai pelanggan catering apakah Anda tertarik dengan berbisnis catering? Jika iya berikut adalah informasi mengenai usaha catering yang bisa menambah pengetahuan kamu.

Tentukan Jenis Catering

Sebelum terjun ke dunia bisnis catering, Anda harus menetapkan terlebih dahulu jenis catering apa yang akan Anda pilih untuk berbisnis, karena catering ada beberapa jenis berdasarkan target penjualannya. Berikut adalah jenis catering yang bisa kamu pilih

  • Catering rumahan

Catering rumahan adalah jasa catering yang digunakan untuk pemesanan acara skala rumahan misalnya arisan atau acara keluarga yang tamunya hanya sekitar 100 sampai 150 orang.

  • Catering kantor

Catering kantor adalah jasa penyediaan makanan untuk pekerja atau pelanggannya adalah kantor untuk makan siang karyawannya. Katering kantor disajikan dengan box agar lebih simpel dan langsung dibuang. Katering kantor memiliki harga yang relatif lebih murah.

  • Catering sekolah

Katering sekolah adalah katering yang menyediakan makanan untuk pelajar sehingga mereka memasak sesuai dengan jumlah siswa di sekolah tersebut. Katering sekolah biasanya memiliki menu lengkap dan sehat untuk para pelajar.

  • Catering gedung

Biasanya dalam penyewaan gedung ada catering pula yang bisa dipesan. Katering gedung memiliki skala yang sudah besar karena mereka menyediakan makanan untuk acara besar seperti pernikaha, pesta dan yang lainya sehingga orderan 1000 porsi pun sudah biasa untuk catering gedung.

Baca Artikel : Layanan Customer Service, Berarti dan Penting untuk Bisnis Anda!

Miliki Ilmu Catering

Berbisnis katering tentunya Anda harus lebih dulu mengetahui ilmu katering sehingga Anda mengetahui seluk beluk dan peluang binis katering ini. Ilmu katering bisa Anda dapatkan dari belajar dengan teman maupun bekerja dengan usaha katering lain karena dengan menjadi karyawan Anda bisa mempelajarinya dengan baik.

Menjadi karyawan bisnis katering Anda bisa mempelajari suplyer, pemasaran, karyawan, pengelolaan bahan makanan dan lain sebagainya sehingga saat Anda berbisnis sudah mengetahui dengan baik dan bisa memanagenya. Ilmu katering adalah dasar pembangun usaha katering, tanpa praktik dan terjun langsung akan sangat sulit mengetahui keadaan lapangan.

  • Lakukan riset pasar

Riset pasar harus dilakukan sebelum memulai bisnis karena dari hasil riset ini Anda mengetahui apa yang pasar butuhkan dan inginkan jadi resiko kegagalan usahan bisa diminimalkan dengan riset pasar ini. Riset pasar harus dilakukan untuk mencari tahu

  1. Minat masyarakat
  2. Harga yang pas
  3. Apa yang dibutuhkan masyarakat untuk katering
  4. Apa yang sedang trend di bidang katering
  5. Kompetitor

Dengan mengetahui hal di atas, Anda bisa memaksimalkan pelayanan Anda untuk mengikuti selera pasar dan bisa bersaing dengan kompetitor. Riset pasar bisa dilakukan dengan mememberikan beberapa pertanyaan atau quisioner kepada orang-orang terdekat atau masyarakat umum.

  • Lakukan riset menu

Setelah melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang mereka inginkan, melakukan riset menu adalah hal yang juga harus dilakukan untuk bisnis catering. Riset menu adalah salah satu cara menemukan resep makanan yang pantas dimasukan dalam menu catering. Dalam riset menu ini Anda bisa mengeksekusi makanan yang diinginkan pasar sehingga bisa mendapatkan makanan yang pas.

  • Menentukan suplyer

Usaha katering adalah usaha menyediakan makanan sehingga pemilihan suplyer bahan makanan yang tepat bisa memberi banyak keuntungan. Diantaranya harga lebih murah daripada di pasaran, kualitas terjamin, relasi yang terbentuk saling menguntungkan. Dengan memilih suplyer yang jelas, ini bisa menghindarkan Anda dari kerugian misalnya kualitas  bahan. Hubungan bisnis Anda dengan suplyer pastinya sama-sama menguntungkan.

  • Menentukan nama brand

Nama brand adalah hal yang harus Anda pikirkan dengan baik karena ini yang akan membuat usaha Anda dikenal. Nama brand erat kaitanya dengan logo brand sehingga hal-hal seperti ini akan memudahkan pelanggan untuk mengenal usahamu dengan baik. Nama dan logo sangat diperlukan untuk keperluan branding usaha.

Yang harus diperhatikan dalam nama brand adalah nama harus mudah diingat, singkat padat dan jelas karena dalam proses branding, tujuannya membuat produk dingat dan familiar untuk masyarakat umum. Pemilihan nama brand jangan semabaragan ya! Karena nama adalah doa, nama bisa memberimu keberuntungan lho!

Baca Juga Artikel : Pentingnya Meningkatkan Integritas Dalam Berbisnis Dengan Pingnotif 

  • Menentukan promosi/pemasaran

Pemasaran adalah salah satu hal yang harus dilakukan sebagai cara mengenallkan usaha kepada masyarakat. Pemasaran sekarang ini bisa dilakukan menggunakan sosial media atau biasa disebut sebagai digital marketing. Cara ini dinilai sangat efektif untuk menaikan jangkauan pelanggan sehingga  iklan mudah di ketahui.

Di awal berbisnis ini Anda memberikan promo dan diskon untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat bisa mencoba produk Anda. Memberian diskon dan promo juga menaikkan antusiasme masyarakat untuk bisnis Anda.

  • Memberikan pelayanan dengan baik untuk pelanggan

Usaha katering sangat memerlukan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, hubungan yang terjaga membuat pelanggan bisa menggunakan jasa katering Anda beberapa kali bahkan berlangganan. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan mereka pelayanan yang prima seperti dalam hal pemesanan, menjaga kualitas rasa masakah dan pelayanan after sales dengan begitu pelanggan puas dan ingin menggunakan katering Anda lagi dan lagi.

Salah satu cara memeberikan pelayanan kepada pelanggan adalah  dengan memberikan informasi promo, layanan pemesanan yang ramah dan customer service yang baik. Pelayanan dengan pelanggan ini bisa Anda handle dengan aplikasi PING NOTIF, Aplikasi yang memungkinkan Anda memberikan informasi kepada banyak pelanggan tanpa ribet. Pesan bisa di buat template, whatsapp schedule maupun kirim pesan otomatis. Menggunakan aplikasi ini pelayanan kepada pelanggan bisa maksimal. Kunjungi Pingnotif.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

  • Menjaga kualitas produk

Setelah usaha Anda dikenal dan banyak digunakan untuk pelanggan, hal yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas produk agar tetap menjadi yang terbaik. Menjaga kualitas produk lebih sulit daripada mendapatkannya oleh karena itu lakukan pengecekan di lapangan maupun di dalam bisnis secara rutin agar produk tetap disukai. Menjaga kualitas juga bisa dilakukan dengan melakukan inovasi-inovasi baru .

Berbisnis katering adalah salah satu usaha yang banyak dipilih karena banyak dibutuhkan dan memiliki modal yang relatif kecil. Usaha ketering juga memberikan banyak keuntungan yang besar. Jika Anda menginginkan bisnis katering di atas adalah beberapa hal yang bisa menambah informasi Anda.

 

 

 

Translate »