Apasih yang Pelanggan Inginkan dari Customer Service?? – Kita hidup dimana teknologi berkembang dengan pesat, salah satu imbas dari perkembangan teknologi adalah di bidang informasi. Sekarang ini banyak orang yang mendapatkan akses informasi dengan baik dengan berbagai media yang digunakannya. Perkembangan informasi ini membuat banyak orang berhubungan dengan mudah dan terasa dekat, sehingga cara-cara kuno dan konvensional pun sudah ditinggalkan karena dianggap tidak efektif.

Salah satu yang merasakan perkembangan yang menguntungkan adalah dibidang pelayanan informasi atau customer service. Sekarang ini banyak perusahaan besar yang memberikan jasa pelayanan informasi atau customer service untuk pelanggannya sehingga mereka bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Ngomongin soal customer service, pernahkah kamu merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan? Apa aja sih sebenarnya yang kamu harapkan dari customer service dalam pelayanannya? Yuk mari kita bahas, hal apa yang dibutuhkan customer dari customer service.

BACA : Mengenal Beberapa Karakter Customer di Bisnis Online 

  • Memberikan informasi yang lengkap

Hal pertama yang diinginkan pelanggan ketika ia menghubungi customer sevice adalah untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dengan begitu ini customer service diharapkan bisa memberikan informasi dengan lengkap dan jelas. Ada banyak sekali jenis pelanggan yang menggunakan jasa customer service. Tipe bertanya tidak mau membaca, atau tipe yang membaca namun tidak paham dan tipe memastikan, ketiga-tiganya memiliki tujuan untuk mencari tahu informasi yang tepat dan benar. Memang terkadang customer tidak mau membaca cukup menyulitkan namun sebagai customer service harus bisa memberikan informasi tanpa emosi.

  • Memberikan informasi yang berguna

Hal kedua yang pelanggan inginkan dari customer service adalah bisa memberikan jawaban yang pas untuk masalahnya. Ketika pelanggan menemukan masalah ia akan langsung menghubungi customer service untuk mendapatkan solusi atas masalahnya. Kerjadian yang sering terjadi adalah customer service memberikan jawaban yang sama sekali tidak berfungsi untuk diterapkan pada masalahnya.

Tentunya hal ini membuat pelanggan kecewa namun yang harus diperhatikan adalah masalah teknis di lapangan, tidak semuanya bisa diselesaikan dengan customer service. Misalnya masalah pengiriman barang sehingga customer service hanya bisa mengecek lokasi barang. Tentunya customer service berharap infomasi tersebut berguna untukmu.

  • Mendapatkan informasi secepat mungkin

Pelanggan yang mengubungi customer service adalah pelanggan yang memiliki kebutuhan tertentu. Mereka akan sangat senang jika ia mendapatkan solusi dan informasi mengenai masalah mereka dengan cepat. Customer service yang lambat dalam membalas pesan cukup merugikan pelanggan karena pelanggan tidak bisa bertindak apa-apa. Semakin cepat pelanggan mendapatkan jawaban dari customer service semakin cepat pula ia bertindak atas masalah tersebut.

Customer service yang memiliki waktu lambat dalam membalas pesan pelanggan menunjukkan perusahaan tempat mereka berkeja memiliki pelayanan yang buruk terhadap pelanggan. Sebaliknya customer yang memberikan jawaban secara cepat akan membuat pelanggan setidaknya merasa terbantu dan beranggapan perusahaan tersebut mementingkan layanan pelanggan.

  • Mendapatkan pelayanan yang baik

Semua pelanggan pastinya ingin mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah, semua orang menyukai diperlakukan baik. Namun terkadang masih ada customer service yang memiliki pelayanan yang cuek dan singkat sehingga hal ini memberikan kesan tidak peduli. Pelanggan mengerti customer service sibuk dan meng handle banyak pelanggan namun pelayanan harus tetap diutamakan. Apakah kamu sering mendapatkan pelayanan yang baik dari customer service??

  • Menerima sarannya

Beberapa orang yang menghubungi customer service hanya untuk menceritakan masalah terkair produknya. Mereka bercerita panjang lebar dan mengakhiri dengan memberikan saran kepada customer service. Pelanggan hanya ingin customer service menerima masukan atau sarannya sehingga kejadian yang sama tidak terulang lagi, saran untuk introsperksi memperbaiki pelayanan. Akan lebih bagus jika saran tidak berhenti di customer service namun juga berlanjut ke managemen untuk memperbaiki pelayanan.

Kita sudah tahu ya apa yang diinginkan pelanggan kepada customer service, bahasan selanjutnya adalah strategi apa yang harus dilakukan customer service untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Berikut adalah informasinya

  1. Memberikan pelayanan yang baik

Kita semua tahu bahwa tugas customer service adalah memberikan pelayanan yang terbaik, memangnya pelayanan yang terbaik itu seperti apa? Pelayanan yang terbaik kepada pelanggan misalnya memberikanya salam, mengetahui apa yang dibutuhakan, memberikan informasi dan menutupnya dengan berterimakasih. Tidak cukup mudah seperti yang dibayangkan karena pelanggan datang dengan karakter yang cukup berbeda sehingga pelyananannya pun berbeda-beda pula.

  1. Memahami kondisi pelanggan

Menjadi customer service yang baik adalah dengan mengetahui kondisi yang dirasakan pelanggan sehingga ia bisa memberikan solusi atas masalahnya dengan baik. Memahami kondisi   pelanggan seperti memberikan ucapan maaf ketika ada kendala yang terjadi pada pelanggan dan lain sebagainya, hal ini bisa memberikan kesan simpati dan pelangganpun merasa dimengerti akan masalahnya.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Customer service terbagi atas beberapa jenis seperti live chat atau call center. Jika kamu customer service bagian call center maka kamu harus bersiap untuk mendengarkan keluhan pelanggan atas masalahnya. Sebagai customer service yang baik kamu harus memahami dan mendengarkan masalah yang terjadi pada pelanggan.

  1. Memberikan informasi yang dibutuhkan

Berikan informasi yang lengkap dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada pelanggan. Ini adalah tujuan awal pelanggan menghubungimu jadi jangan sampai memberikan informasi salah ataupun informasi yang kurang lengkap. Baca juga : Mengenal WooCommerce yang Penting untuk Bisnis Online Kamu!! 

  1. Memberikan maaf

Memberikan maaf adalah salah satu bentuk simpati yang kamu berikan kepada pelanggan ketika mereka mendapatkan masalah.

  1. Ajak berkomunikasi

Komunikasi antar pelanggan dan customer service tidak hanya berlangsung kaku dan template, kamu juga bisa mengajak pelanggan untuk berkomunikasi terkait masalahnya dan bagaimana solusinya.

  1. Melayani dengan memberikan rasa menghargai

Melayani pelanggan bukan hanya suatu pekerjaan saja sehingga mengabaikan pelayanan dan rasa menghargai pada pelanggan. Dengan memberikan rasa menghargai kepada pelanggan pastinya mereka akan merasa nyaman.

  1. Berikan opsi jawaban

Pelanggan datang dengan berbagai jenis masalah, memang tidak semuanya bisa teratasi dengan baik untuk menangani masalah seperti ini kamu bisa memberikan opsi pilihan yang membantu dalam menyelesaikan masalah. Cara memberikan opsi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai customer service loh, hal ini dinilai efektif untuk memberikan solusi kepada pelanggan.

Masalah pelanggan dengan customer sevice ini memang cukup sulit apalagi pelanggan memiliki karakter yang bebeda-beda sehingga memerlukan strategi yang tepat agar bisa memberikan pelayanan yang optimal. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang membantumu mengurusi masalah pelanggan agar bisa efektif dalam memberikan informasi. Salah satu aplikasi yang membantumu meng handle pelanggan dengan baik adalah aplikasi Ping Notif yaitu aplikasi yang memungkinkan kamu mengirimkan banyak pesan dengan cara yang mudah dan cepat, selain itu kamu bisa menjadwalkan pesan menggunakan aplikasi ini. Agar tidak kerepotan untuk membalas pesan kepada pelanggan bisa menggunakan fitur pesan otomatis dan template teks yang ada di Ping Notif.

 

 

Translate »