Ingin Bisnis Anda Sukses? Hindari 5 Kesalahan Ini – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, kesempatan berbisnis online semakin terbuka lebar. Siapapun bisa memiliki toko online dan berjualan apapun lebih mudah secara digital tanpa harus berbekal pengetahuan mendalam tentang bisnis. Banyak materi yang diberikan secara seputar bisnis online secara gratis mulai dari free e-book, webinar, komunitas, hingga seminar berbayar. Karena kemudahan inilah yang membuat banyak orang yang tidak ragu untuk mencoba peruntungan dengan menjadi pebisnis online.

Selain banyak yang bertahan dan berhasil menjalankan bisnis online, banyak juga yang memutuskan untuk mundur lalu berhenti di tengah jalan. Alasan biasanya karena saat mulai berbisnis, pebisnis pemula melakukan beberapa kesalahan yang seringkali tidak mereka sadari. Oleh karena itu, bisnis online bukan untung, malah buntung. Penjualan juga menjadi lesu secara perlahan dan pada akhirnya mati karena mereka tidak dapat mempertahankan diri di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat.

Setidaknya ada 5 kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pebisnis pemula. Anda bisa mempelajari kesalahan-kesalahan berikut untuk anda dapat menghindarinya ketika akan terjun ke dunia bisnis online. Berikut ini 5 kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis online pemula antara lain :

  1. Tidak melakukan perencanaan bisnis yang matang

Meskipun bisa dilakukan secara fleksibel dan efisien karena aksesnya hanya membutuhkan koneksi internet, toko online juga memerlukan perencanaan yang matang. Apalagi bagi pebisnis pemula. Pebisnis harus menyiapkan rencana yang pada intinya bagaimana dapat menawarkan produk secara online hingga produk tersebut diterima oleh konsumen. Kelihatannya simple sih, namun pada kenyataannya, tidak semua pebisnis dapat melakukan tugas pertamanya ini dengan baik.

Oleh karena itu, anda sebagai pemilik bisnis perlu membuat rencana bisnis yang menggambarkan model bisnis anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di antaranya :

  • Siapa target konsumen anda?
  • Produk apa yang anda tawarkan?
  • Bagaimana anda menjual produk tersebut?
  • Bagaimana cara membuat atau mendapatkan produk anda?
  • Dari mana sumber pemasukan dan pengeluaran bisnis anda?
  • Siapa yang menjadi rekan bisnis anda?
  • Berapa modal yang anda perlukan?

Dari rencana bisnis tersebut, anda jadi memahami bagaimana target dan apa tujuan yang ingin anda capai dengan jelas. Mulai dari rencana, target, hingga tujuan sangat penting untuk anda dapat melihat perkembangan pasar. Sebab apabila tidak ada perencanaan, anda akan seperti berjalan di tempat gelap, lalu yang anda lakukan hanyalah meraba-raba. Anda tidak dapat menentukan bagaimana bisnismu akan berjalan.

  1. Manajemen keuangan yang buruk

Anda juga harus menghindari kesalahan berikutnya yang biasa dilakukan pebisnis online yaitu mengabaikan keuangan sehingga manajemen keuangan bisnisnya buruk. Bisnis yang dijalankan tanpa ada perhitungan biaya yang matang dari seluruh kegiatan yang akan anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Kesalahan dalam mengatur keuangan ini biasanya terjadi karena beberapa hal yang di antaranya :

  • Tidak memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi
  • Tidak mencatat cash flow secara detail
  • Tidak ada data dan stock update
  • Tidak memperhatikan pengeluaran untuk hal-hal kecil seperti pembelian alat tulis dan sebagainya
  • Mengeluarkan biaya besar sekaligus untuk iklan di media sosial
  • Tidak memahami target konsumen sesungguhnya.

Jadi sebaiknya anda menghitung pengeluaran terlebih dahulu dari estimasi keuntungan yang akan anda peroleh.

BACA ARTIKEL : Pemanfaatan Teknologi dan Aplikasi Online di Lingkup Kampus 

  1. Mengabaikan customer service

Kata siapa urusan anda dengan customer langsung selesai setelah mereka melakukan pembayaran? Faktanya, bisnis online yang sukses tidak berhenti sampai di sana,. Tugas anda sebagai pebisnis online tidak hanya menawarkan dan menjual produk, namun juga menjaga serta menjalin hubungan baik dengan customer. Oleh karena itu, anda perlu  memiliki manajemen customer service yang baik. Hal ini merupakan salah satu kunci suksesnya bisnis online yang anda rintis. Namun ternyata masih banyak pebisnis online yang mengabaikan pentingnya mengoptimalkan customer service. Padahal customer akan lebih percaya apabila anda menyediakan layanan call center atau live chat di toko online anda. Customer dapat bertanya mengenai banyak hal seperti detail produk, cara order, proses pembayaran, atau proses pengiriman. Customer yang merasa puas dengan customer service anda berpotensi akan kembali lagi ke toko online anda untuk berbelanja dan bahkan mereka juga tidak ragu untuk merekomendasikan toko online anda kepada orang lain.

  1. Kurang mengoptimalkan media sosial

Optimalkan pelayanan bisnismu bersama Pingnotif

Anda juga sudah pasti akan kalah dalam persaingan apabila anda tidak mengoptimalkan media sosial sebagai lapak anda untuk berjualan. Media sosial sudah bisa anda jadikan sebagai etalase toko. Sebab media sosial menyediakan kemudahan untuk mengakses dengan kenyamanan visualnya. Apalagi saat ini hadir yang namanya E-Commerce. Buka toko online di media sosial menjadi tidak terlalu sulit. Ditambah lagi dengan adanya berbagai tools yang memudahkan anda mengelola toko online seperti aplikasi content planner atau template desain yang sangat menarik perhatian. Namun kemudahan inilah yang sering disepelekan oleh pebisnis pemula.

Fungsi media sosial memang sebagai lapak untuk berjualan. Namun pebisnis online pemula sering lupa untuk memberikan value lain pada konten misalnya konten edukasi, inspirasi, tutorial, hiburan untuk pengunjung, karena Saking fokusnya berjualan. Sehingga akun toko online terlihat monoton dan membosankan. Nah, apabila masalah konten sudah dapat diatasi, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah tetap konsisten. Inilah kesalahan lainnya yang banyak dilakukan oleh pebisnis online. Konten sudah tampak menarik secara visual maupun isi caption, namun masih memposting. Hal ini berpotensi cepat ditinggalkan oleh followers, lho.

  1. Komunikasi yang terjadi hanya satu arah

Inilah salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan. Ya, anda perlu menghindari komunikasi satu arah dalam berbisnis online. Komunikasi satu arah sangat berpotensi membuat toko online anda ditinggalkan oleh followers atau pelanggan. Mengingat media sosial adalah media untuk berinteraksi, hal ini berarti anda perlu melakukan komunikasi dua arah antara anda sebagai pemilik akun dengan followers.  Anda bisa mulai dengan membuat konten yang melibatkan interaksi antara dirimu dengan pelanggan, seperti membuat konten tanya jawab, meminta pendapat, dan lain sebagainya. Anda juga harus menghindari slow-respon. Pelanggan yang mengunjungi toko online anda di media sosial seringkali memang sangat membutuhkan jawaban dan penjelasan dari anda terkait barang yang dia inginkan. Apabila anda merespon mereka dengan lambat, yang ada pelanggan akan kabur karena mereka mengira anda mengabaikan keluhan mereka. Anda juga akan dianggap tidak profesional. Apabila anda kesulitan dalam menjaga komunikasi dengan pelanggan karena kesibukan lainnya, anda dapat membentuk tim pengelola. Maka anda akan memiliki manajemen toko online yang baik yang berdampak pada kecepatan pelayanan kepada pelanggan.

Itu dia! Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis online pemula. Bahkan seringkali tidak sadar. Apalagi kecepatan pelayanan, perlu sekali untuk diperhatikan. Kecepatan pelayanan seperti menjawab pertanyaan atau  membantu proses transaksi, sangat bisa mempengaruhi reputasi, lho. Namun tenang saja, untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan WhatsApp API dari PingNotif. Anda dapat mengunjungi www.pingnotif.com untuk informasi lebih lengkapnya. Karena melalui PingNotif, anda dapat merespon pelanggan dengan lebih cepat dengan notifikasi otomatisnya. Bahkan saat anda sedang sibuk sekalipun atau sedang banyak pelanggan sekalipun. Anda tidak perlu menjawabnya satu persatu secara manual karena hal tersebut sangat memakan waktu. Namun dengan PingNotif, anda dapat mengirim pesan WhatsApp kepada seluruh pelanggan anda lebih cepat dan lebih tepat.

Translate »