Pemanfaatan Teknologi dan Aplikasi Online di Lingkup Kampus – Halo, masih kuliah online ya? Tapikan tahun 2021 ini sudah ada wacana untuk meng-offline kan pembelajaran kampus. Gimana kebijakan di kampus kamu? Masih online atau akan ofline? Jika pembelajaran bisa online ya disyukuri saja karena memang kondisi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi, bahkan di bulan Januari 2021 ini. Jika ofline, maka kamu harus siap-siap untuk pengikuti pembelajaran dengan protokol kesehatan yang ketat ya! Pakai masker, bawa terus handsanitizer. Ngomongin soal kuliah dan kampus, sudah seberapa keren sih kampus kamu dalam memanfaatkan teknologi? Yuk mari kita bahas bersama pemanfaatan aplikasi online di kampus jadi biarpun sudah kuliah ofline namun tetap aman dengan pemanfaatan aplikasi dan teknologi

Aplikasi Absensi Online untuk Mahasiswa

Aplikasi absensi online tidak hanya berlaku untuk karyawan saja, namun mahasiswa juga memerlukan aplikasi tersebut. Jika belajar sudah ofline, kamu bisa dengan mudah mengisi absensi menggunakan aplikasi absensi online. Dosenpun tidak perlu repot menyiapkan kertas tanda tangan untuk absensi mahasiswa atau dosen yang memanggil mahasisanya satu-persatu tidak perlu lagi melakukanya. Aplikasi absensi online bisa menghindari kecurangan mahasiswa untuk melakukan absensi palsu. Jadi aman banget untuk absen mahasiswa. Jika sudah ofline aplikasi ini sangat berguna lho, agar absensi dilakukan di smartphone masing-masing jadi resiko penyebaran virus di kampus bisa berkurang.

Akses Perpustakaan Online

Kampus kamu sudah ada kemudahan untuk mengakses perpustakaan secara online atau belum? Salah satu hal pemanfaatan teknologi di lingkup kampus adalah perpustakaan online, jadi mahasiswa tidak perlu ke perpustakaan untuk mencari literatur studi. Hal ini pastinya sangat menguntungkan dosen dan mahasiswa ya? Dari gadget yang mereka miliki bisa mengakses banyak sumber ilmu. Akses perpustakaan online di era pandemi ini sangat dibutuhkan mahasiswa, mengingat tidak semua bidang keilmuan sumbernya bisa dicari dengan mudah di internet. Koleksi buku dari perpustakaan akan sangat berarti untuk membantu mahasiswa mencari sumber yang dibutuhkan, apalagi mahasiswa yang sedang menjalani Tugas Akhir maupun skripsi pasti akan sangat terbantu dengan hal ini.

  • Money

E-money adalah uang elektronik yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk pembayaran di area kampus. Tidak ada lagi uang fisik yang bisa meningkatkan resiko penyebaran virus dikarenakan penggunaan uang fisik saat jual beli. E-money dapat menjadi solusi proses transaksi mahasiswa ketika berada di lingkungan kampus.

Pengaplikasian e-money bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di kantin kampus atau koperasi kampus. Bahkan acara galangdana yang sering dilakukan oleh organisasi kampus bisa menggunakan e-money ini untuk pengumpulan dana. Dana terkumpul dan tidak ada resiko yang meningkatkan penyebaran virus ketika kuliah ofline. Beberapa aplikasi e-money yang bisa kamu gunakan adalah LinkAja!, Dana, OVO, Gopay dan lain sebagainya sedangkan untuk transaksi pembayaran kampus bisa menggunakan transfer antar rekening bank.

Baca : Cara  Termudah Berkirim Notifikasi WhatsApp Untuk E-Commerce Beserta Aplikasimu Dengan Integrasi API 

  • Informasi Kuliah

Penyebaran informasi kuliah dari managemen kampus ke mahasiswa bisa mudah dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp. Namun yang ini berbeda dari biasanya. Jika normalnya pengumuman kampus dilakukan secara berantai dari Grup WhatsApp yang disebar dari grup ke grup lainya, ini pihak managemen kampus bisa mengirimkan notifikasi WhatsApp ke semua mahasiswa dengan mudah.

Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Ping Notif, aplikasi yang membantu kampus untuk menyebarkan pengumuman ke setiap mahasiswa tanpa perlu menyebarkan secara manual. Aplikasi Ping Notif bisa kamu cek di www.pingnotif.com. Menggunakan aplikasi ini mahasiswa bisa mendapatkan informasi yang jelas dan terpercaya langsung dari sumbernya yaitu pihak kampus tanpa perlu membuka website kampus ataupun instagram kampus jadi semua mahasiswa menerima informasi secara rata dan tidak akan ketinggalan info! Mantab kan?

  • Bimbingan Skripsi Online

Saat yang paling berat bagi mahasiswa adalah saat skripsi atau mengerjakan Tugas Akhir, namun di masa panddemi ini dosen bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk melakukan skripsi online menariknya hal ini juga tetap bisa dilakukan walau kuliah sudah ofline. Tidak perlu tatap muka yang penting draft skripsi sudah masuk ke dosen dengan baik.

Beberapa pemanfaatan aplikasi untuk kepeentingan skripsi online adalah layanan perpesanan resmi atau email, menggunakan email kamu tetap bisa berkonsultasi ke dosenmu dengan cara saling mengirim email. Tidak perlu mencetak hardfile untuk melakukan konsultasi, ini bahkan lebih memudahkanmu karena hemat dan cepat. Aplikasi penampil dokumen PDF, dari aplikasi ini kamu bisa merubah format word yang kamu ketik agar hasil skripsi yang sudah kamu tata rapi tidak berantakan. Menggunakan aplikasi penampil PDF ada fitur comment yang memungkinkan dosen mengoret-oret skripsimu. Lebih mudah loh menggunakan penampil PDF ini untuk konsultasi online.

Diskusi, saat konsultasi atau bimbingan online pasti memerlukan aplikasi meeting untuk menampilkan suara dan video yang jelas, kamu bisa menggunakan google meet atau zoom. Keduanya memiliki kualitas video yang sudah bagus jadi konsultasi dengan dosen semakin mudah! Adanya teknologi ini pastinya memudahkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan dengan baik, mahasiswa semester akhir tentunya juga senang bisa konsultasi online, tidak perlu menunggu di ruangan sampai siang, tidak perlu deg-degan bertemu langsung namun bisa menggunakan teknologi. Semangat ya para mahasiswa!

Artikel terbaru : Kantor Anda Wfh? Mudahkan Kerja Dengan Aplikasi Ini!

 

Translate »