Optimalkan Bisnis Dengan Whatsapp Api, Berikut Cara Mulainya!Sebagaimana telah kita ketahui, berinteraksi dengan orang lain kini sudah dimudahkan dengan menggunakan teknologi. Apalagi saat ini sudah ada platform media komunikasi yang beragam yang disebut dengan media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, sampai media sosial yang bersifat personal seperti WeChat, Line, WhatsApp, dan lain-lain. Semua itu memiliki fitur dan model masing-masing. Sehingga memberikan pengalaman yang berbeda satu sama lain.

Kini, media sosial bukan hanya berfungsi sebagai media komunikasi, namun juga digunakan sebagai media transaksi jual beli. Hingga beberapa media sosial memberikan fitur sebagai wadah atau lapak untuk mempromosikan produk seperti Facebook Marketplace, Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, hingga WhatsApp Business. Dari keseluruhannya, WhatsApp menjadi aplikasi paling populer. Banyak yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi personal. Karena penggunaannya yang praktis dan fleksibel serta fitur canggih lainnya yang membuat penggunanya bisa mengirimkan suara, file, gambar, video, hingga dokumen yang berukuran besar sekalipun.

Ping Notif, Aplikasi Pengembangan Bisnis yang Keren!

Ping Notif, Aplikasi Pengembangan Bisnis yang Keren!

Namun kini WhatsApp tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, WhatsApp juga digunakan sebagai media untuk transaksi jual beli. Itulah mengapa kemudian tercipta yang namanya WhatsApp Bisnis. Kini, apapun jenis bisnisnya, apapun produk yang dijual, pengguna dapat memanfaatkan Whatsapp sebagai media yang tidak hanya untuk berkomunikasi dengan pelanggan, namun juga media untuk mempromosikan produk jualannya. Apalagi saat ini sudah bisa dipastikan hampir seluruh pengguna smartphone memiliki WhatsApp untuk berkomunikasi.

Baca Artikel Terkait : 4 Keunggulan Whatsapp Api Business Untuk Bisnis Online

Namun WhatsApp saja tidak cukup untuk mempromosikan bisnis karena masih memiliki fitur yang terbatas. Maka pelaku bisnis perlu menggunakan WhatsApp Business sebagai media khusus untuk promosi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Apalagi WhatsApp untuk berbisnis saat ini sudah bisa dilengkapi dengan WhatsApp API Business yang mampu membuat penggunaan Whatsapp untuk bisnis semakin meluas. Untuk bisnis skala kecil memang masih bisa menggunakan WhatsApp Business yang bisa diunduh secara gratis melalui Google PlayStore dan AppStore. Namun untuk bisnis yang berskala menengah hingga besar, sebaiknya anda menggunakan WhatsApp API Business yang lebih sesuai untuk mengembangkan bisnis anda. Lalu bagaimana caranya membuat WhatsApp API Business?

Apa Itu WhatsApp API Business?

Sebelum mengetahui lebih lanjut, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang WhatsApp API Business. Whatsapp API Business adalah sistem integrasi untuk pengguna whatsapp dengan server yang menyediakan API lokal yang memudahkan pengguna mengirim dan menerima pesan sdengan terprogram.  WhatsApp API Business ini terintegrasi dengan fitur-fitur canggih lain secara fleksibel. Aplikasi Whatsapp yang diterapkan dengan Whatsapp Business API Business juga dapat terhubung dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti CRM (customer relationship management) dan customer service.

Cara Membuat WhatsAPP API Business

Whatsapp API Business cocok dimanfaatkan oleh pebisnis yang ingin meluaskan pangsa pasar, karena memudahkan pengguna dalam menjangkau pelanggan. Maka WhatsApp API Business sangat cocok digunakan untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan besar. API tidak menyediakan front end interface. Sehingga WhatsApp API Business dipakai dengan mengambil endpoint dan menghubungkannya dengan software bisnis atau perusahaan yang sudah ada. Dalam hal ini software yang digunakan biasanya aplikasi WhatsApp yang sudah terhubung dengan bisnis.

3 Penggunaan Utama Whatsapp API Business :

  • Untuk menunjukkan eksistensi bisnis atau perusahaan melalui Whatsapp Business Profile
  • Menggunakan ChatBot untuk mengirimkan respon kepada pelanggan secara otomatis dan lebih cepat
  • Mengirimkan pesan notifikasi terprogram

Cara Membuat Whatsapp API

Whatsapp API Business tidak bisa anda dapatkan hanya dengan mengunduh secara gratis melalui Google PlayStore ataupun AppStore. Salah satu cara untuk mendapatkan WhatsApp API Business adalah dengan melalui partner bisnis yang tepat yaitu PingNotif.com. Sebab untuk menggunakan WhatsApp API Business, maka akun Whatsapp Business anda harus dihubungkan dengan bantuan Whatsapp partner. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat akun WhatsApp API Business

  1. Memilih Whatsapp Partner

Inilah langkah awal yang penting ketika anda hendak mengembangkan bisnis dengan luas dengan WhatsApp API Business. Anda harus memilih WhatsApp partner untuk terhubung dengan API tersebut. Pilihlah partner yang dapat membantu anda dengan baik supaya seluruh fitur Whatsapp API Business yang anda butuhkan bisa anda miliki dengan mudah dan tidak mengurang kantong.

  1. Lakukan Proses Aktivasi
  • Verifikasi Perusahaan

Anda perlu melakukan hal ini untuk memberikan data yang valid mengenai perusahaan yang didaftarkan pada WhatsApp. Form tersebut biasanya berisi : Nama perusahaan, Website URL, Industri dan Daerah operasional.

  • Facebook Business Manager ID

Selanjutnya anda perlu mendaftarkan Whatsapp Business pada Facebook Business Manager. Biasanya langkah yang satu ini membingungkan. Maka anda perlu menghubungi Whatsapp partner seperti PingNotif yang memudahkan anda mengelola perusahaan. Selanjutnya partner akan langsung mendaftarkan bisnis anda ke WhatsApp.

  • Mengaktifkan Nomor yang Ingin Didaftarkan

Ketika langkah-lagkah tersebut sudah berhasil dan disetujui oleh WhatsApp, tambahkan nomor telepon yang akan dijadikan akun bisnis. Anda perlu hati-hati dalam melakukannya karena nomor tidak akan bisa diganti ataupun diubah. Setelah itu, Whatsapp yang terintegrasi dengan API bisa langsung anda gunakan untuk menjalankan bisnis anda dan meningkatkan penjualan. Apabila ingin lebih mudah memproses WhatsApp API Business untuk kelancaran bisnis anda, anda bisa langsung mengunjungi www.pingnotif.com dan hubungi kontak yang tersedia. Selamat mencoba!

Artikel Terbaru : Strategi Menarik Hati Customer dalam Berbisnis Online!

Translate »