Mengenal Beberapa Karakter Customer di Bisnis Online – Membuka bisnis online pastinya Anda juga harus siap dengan berbagai hal yang harus Anda hadapi, salah satunya adalah masalah Customer. Ya.. kita semua tau customer adalah seseorang yang berinteraksi dengan penjual untuk medapatkan apa yang mereka inginkan, customer memiliki keputusan untuk menggunakan jasa/produk Anda atau tidak. Sebagai penjual yang baik Anda harus memberikan pelayanan yang baik kepada Customer, nah dalam memberikan pelayanan kepada customer Anda harus melihat dahulu customer yang Anda handle itu customer yang seperti apa. Untuk memudahkan Anda mengenal karakter customer, berikut adalah ulasan mengenai macam-macam karakter dan cara melayaninya.

  • Customer Terbuka Lemah Lembut

Kirim Notifikasi Kepada Customermu Secara Otomatis

Siapa yang tidak menyukai bertemu dengan customer baik dan penurut seperti ini? Customer yang memiliki pembawaan ceria dan lemah lembut ini memdudahkan pelaku usaha untuk meng-handle permintaannya. Cara pelayanan kepada customer macam ini cukup mudah, berikan pelayanan yang sewajarnya atau dengan sedikit pertanyaan maka customer ini akan senang hati menjawab pertanyaan dari Anda.

  • Customer Cuek

Berbeda dengan customer yang memiliki karkater lembut dan terbuka, customer yang memiliki karakter cuek memiliki sifat to the point dan langsung mengutarakan apa yang mereka inginkan. Jika bertemu dengan karakter cuek ini jangan kaget jika tidak banyak tanya atau terkesan judes, karena memang sudah seperti itu pembawaannya. Berbeda karakter berbeda pula pelayanan customer, jika customer lemah lembut suka dengan basa-basi dan pertanyaan maka jangan lakukan hal tersebut untuk customer yang cuek, karena customer cuek paling risih dengan banyak pertanyaan apalagi harus mendengarkan basa-basi. Lebih baik langsung saja tanya apa yang mereka butuhkan namun tetap sopan agar mereka tetap nyaman dengan pelayanan Anda.

  • Customer Pemarah

Customer jenis ini adalah customer yang sering bikin pusing pelaku usaha, sering kali customer yang memiliki sifat pemarah mudah sekali emosi dengan hal-hal yang sepele seperti waktu membalas chat, masalah teknis sampai masalah harga. Memang tidak mudah berhadapan dengan customer yang mudah marah, namun tetaplah berusaha profesional dengan customer. Beberapa cara pelayanan yang cocok untuk customer model ini adalah

  1. Jangan sampai terpancing emosi dari customer, jika Anda juga emosi maka masalah tidak akan kelar bahkan lebih parah.
  2. Mengetahui apa yang ia inginkan, customer yang memiliki karakter pemarah pastinya tetap memiliki alasan kenapa ia marah untuk itu ketahuilah penyebab kenapa ia marah dengan begitu Anda bisa memahami dan menghindari emosi.
  3. Menjelaskan, jika sudah Anda ketahui alasan kenapa Customer marah maka beri penjelasan kepada mereka tentang apa yang sedang terjadi dengan baik, beberapa customer marah karena tidak tahu sistem yang ada di dalam bisnis tersebut.
  4. Beri opsi penyelesaian, mengatasi customer yang pemarah ini memang harus sabar, langkah lain untuk mengatasi customer seperti ini adalah memberikan opsi sebagai solusi atas masalahnya. Bisa jadi dengan opsi yang Anda tawarkan mereka bisa menerimanya.
  5. Biarlah berlalu, berhadapan dengan customer yang pemarah memang tidak ada habisnya terutama di bisnis online. Satu-satunya cara adalah biarlah berlalu, jangan sampai mereka mengganggu hari Anda bahkan membuat Anda stress. Lupakan yang sudah terjadi dan lanjutkan hari Anda dengan hal-hal baik lainya.
  • Customer Tidak Sabaran

Customer jenis ini beda lagi dengan customer pemarah, biasanya customer tidak sabaran ini berharap bisa dilayani cepat oleh Anda dan mereka bisa mendapatkan barangnya secepatnya. Customer tidak sabaran ini tidak se-ekstrim customer pemarah, namun juga bisa membuat Anda merasa kesulitan untuk menghadapinya. Customer tidak sabar ini juga termasuk customer yang rewel dan tidak sabar menunggu namun sebenarnya tidak pemarah. Langkah yang tepat untuk melayani customer macam ini adalah dengan memintanya melakukan prosedur yang ada, jika sudah penuhi kebutuhan customer ini dengan baik.

Baca Artikel Terbaru : Optimalkan Bisnis Dengan Whatsapp Api, Berikut Cara Mulainya!

Beberapa Pelayanan Untuk Customer

  1. Call center

Ini adalah layanan untuk customer menggunakan telepon, jadi customer bisa langsung menelfon kontak yang tersedia secara langsung begitu ada masalah. Beberapa keuntungan melayani customer menggunakan call center ini adalah Anda langsung bisa mengetahui apa yang mereka masalahkan dan memberikan solusinya dengan jelas. Cara ini banyak digunakan pebisnis online untuk melayani customer mereka.

  1. Live chat

Berbeda dengan call center yang menggunakan sambungan telepon, live chat adalah layanan customer kepada pemilik bisnis untuk berkonsultasi atau mengirimkan pertanyaan saat mereka mengalami kendala melalui pesan tertulis atau chat. Live chat ini biasanya fitur yang sudah ada dalam aplikasi atau website toko jadi jika customer ada pertanyaan langsung menggunakan fitur live chat agar terhubung dengan customer service pemilik usaha. Dibanding dengan sambungan telepon, live chat ini banyak digunakan customer untuk menyalurkan keluhan mereka. Selain karena mudah, layanan ini juga cepat dan gratis.

  1. Email

Salah satu media yang digunakan untuk membantu customer adalah email, menggunakan email ini keluhan customer bisa di handle dengan baik. Layanan email juga banyak digunakan pemilik usaha untuk membantu customernya hanya saja sekarang layanan email untuk customer jarang dipilih customer karena lebih menyulitkan dan memakan waktu yang lama sehingga customer memilih live chat atau sambugan telepon.

Bagi Anda yang menginginkan memberi pelayanan yang ramah dan informatif kepada customer Anda, bisa menggunakan Ping Notif. Aplikasi yang membantu Anda mengirimkan informasi ke banyak customer dengan mudah dan cepat, fitur template text yang ada di aplikasi ini juga memudahkan Anda menjawab pertanyaan dari customer.

Translate »