Mengenal Api Dan Manfaatnya Untuk Bisnis OnlineBukan sebuah rahasia lagi, apabila di era digital ini semua hal dapat terkoneksi dengan lebih mudah dan tidak terbatas. Apapun bisa dilakukan secara online melalui internet. Bahkan semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel seluler saja. Mulai dari berkomunikasi, mencari informasi terkini maupun terdahulu, bahkan berbelanja. Banyak sekali platform yang menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna internet berkomunikasi satu sama lain hingga berbelanja secara online. Sebagaimana yang telah kita ketahui, media sosial yang sering digunakan adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya. Namun bukan hanya media sosial, internet kini juga digunakan untuk berbelanja online melalui platform-platform dalam bentuk aplikasi. Bahkan kita bisa berbelanja menggunakan debit, kartu kredit, memesan kendaraan secara online sambil mencari tahu lokasi driver, bahkan menrima notifikasi sebuah informasi dengan lebih cepat. Semua hal tersebut terjadi karena sistem API.

Apa Itu API

Manfaatkan layanan pingnotif sekarang juga

Jadi, apa itu API? Apakah anda bertanya-tanya tentang API? Mengapa API perlu digunakan dalam sebuah aplikasi? Mengapa API juga perlu untuk suatu bisnis online? Bagaimana sesungguhnya cara kerja API. API adalah singkatan dari Apllication Programming Interface. API merupakan software interface yang yang menghubungkan satu software dengan software lainnya melalui instruksi yang ada di dalamnya. Kemudian instruksi-instruksi ini disimpan dalam sebuah ruang yang berbentuk library. API dapat dianalogikan seseorang yang menggunakan moda transportasi kereta untuk mengunjungi suatu lokasi. Untuk sampai ke tujuan lokasi, kereta tersebut memerlukan masinis untuk menjalankan keretanya untuk membawa penumpang sampai tujuan lokasi tersebut. Nah, kereta menjadi gambaran dari software atau aplikasi yang akan dikembangkan atau sedang digunakan, sedangkan masinis adalah gambaran API yang melakukan fungsi tertentu untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Baca Artikel : Mengenal WooCommerce yang Penting untuk Bisnis Online Kamu!!

Jadi Apa Itu API?

Secara singkat, API adalah software interface yang berfugsi sebagai penghubung antar aplikasi yang akan diciptakan dengan aplikasi lain yang bertujuan supaya aplikasi yang berbeda tersebut dapat saling berkomunikasi untuk mencapai suatu tujuan dan saling berbagi data. Selain itu, tujuan API berikutnya adalah untuk menjadikan proses pengembangan aplikasi lebih cepat karena ada fungsi yang terpisah sehingga tidak harus membuat fitur yang serupa lainnya. Istilah “API” sesungguhnya tidak berhubungan dengan apapun yang berkaitan dengan web, karena istilah API sudah tercipta sebelum web. Hanya saja, API terkadang berfungsi sebagai “pemanggilan web service”. Tapi secara tradisional, Pengertian API bukanlah demikian, API hanya berhubungan dengan fungsi-fungsi dari Sistem Operasi. API memiliki beberapa kategori dari abstraksi pendeskripsian dalam sistem. Kategori-kategori tersebut antara lain operating system, programming languages, Infrastructure service, web services, dan application service.

Nah karena API juga berkaitan dengan application service. Jadi, application service merupakan API yang digunakan untuk mengakses layanan dan data dari aplikasi.

Perbedaan Rest API Dan Restful API

Setelah mengetahui pengertian API, anda akan terhubung secara langsung dengan Rest API dan Restfull API. Apa sih yang dimaksud dengan Rest API dan Restful API? Dan bagiamana perbedaannya? REST adalah singkatan dari Representatioal state transfer. REST bisa diartikan sebagai standar arsitektur yang dikerjakan melalui sistem protokol HTPP berbasis web supaya data bisa bekomunkasi.  Rest ini akan mendatangkan interaksi antara client dengan server supaya dapat saling bertukar informasi dengan media yang sama. Rest ini juga dapat berfungsi sebagai interface yang dapat mengakses suatu sumber. API bergantung pada prinsip REST arsiketur supaya API bisa memudahkan developer memberikan informasi dan client dapat mengakses service melalui API yang sudah ada.

Cara Kerja Rest API & Resful

Bagaimana cara kerja Rest API dan Restful? Rest API bekerja melalui Rest server dan Rest client. Rest  server akan memiliki data atau resource, sedangkan rest client yang akan membuat HTTP request pada server dengan URLs atau global ID. Kemudian server akan merespon dan mengirim kembali HTTP yang menjadi permintaan client. Sedangkan apa yang dimaksud dengan restful API? Resful API implementasi dari sebuah web service. Restful juga berfungsi sebagai aturan atau protokol dalam melakukan rest. Dengan demikian, Restful juga menjadi bagian dari Rest. Bagaimana Cara Kerja Restful?

Client meminta http dengan melalui beberapa fitur yang kemudian keseluruhannya disebut restful. Pertama, GET supaya dapat mengambil sumber daya, lalu PUT untuk dapat memperbarui sumber daya atau mengubah website, kemudian POST untuk  dapat membuat sumber daya yang berupa file, objek, atau blok, dan terakhir DELETE untuk menghapusnya. Keuntungan adanya Restful ini, anda tidak harus repot memasang hal apapun di sisi klien seperti framework atau SDK. Lakukan saja pembuatan request HTTP ke layanan end point, lalu langkah selanjutnya anda hanya perlu membiarkan server yang melakukan pelayanannya. Misalnya anda menggunakan Google API untuk login.  Anda tidak membuang-buang banyak waktu untuk pembuatan sistem login, cukup menggunakan API, anda hanya perlu login dan anda akan mendapatkan data yang berupa nama pengguna atau email. Tentu saja ada syarat pengguna yang sudah memberikan izin untuk memberikan data mereka.

Pengaplikasian API Dalam Kehidupan

Pengaplikasian API bisa di berbagai platform dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika anda sedang bermain facebook. Seluruh aplikasi dari luar yang terkoneksi dengan fanpage maupun akun facebook dilakukan melalui API Key. Misalnya ketika anda hendak menekan tombol tweet this post di platform twitter atau share to facebook maupun ketika menekan Like fanpage facebook di sebuah website. Jadi, apa itu API key? Jadi API key berfungsi sebagai sebuah tanda pengenal dari project anda yang berupa kode unik. API berfungsi untuk membuat kita dapat memanfaatkan fitur dari Google dan memberikan izin untuk akses login dengan menghubungkan kode antar platform atau aplikasi dengan aplikasi lainnya. Selain API Key, API juga menyediakan API Secret guna membuat pengguna menggunakan fitur dengan lebih aman dan lebih mudah.

Selain akses login, API juga bisa digunakan untuk membantu mengirimkan notifikasi secara otomatis selama platform anda terhubung dengan API. Contoh API yang bisa digunakan adalah Whatsapp API Business. Biasanya API bekerja dengan mengirimkan notifikasi otomatis. API jenis ini cocok digunakan untuk menjalankan bisnis online. Sebagaimana seorang pelaku usaha biasanya memiliki pelanggan yang begitu banyak yang tidak mungkin bisa dikirimi notifikasi satu persatu. Maka API bisa menjadi solusi untuk memudahkan mereka mengirimkan notifikasi dengan lebih cepat.

Oleh karena itu, API memiliki manfaat yang banyak sekali dalam kehidupan. Apalagi semua aspek kehidupan sudah terhubung dengan internet. Untuk memanfaatkan API ini anda bisa langsung mengunjungi www.pingnotif.com. Apalagi bagi anda yang seorang pebisnis, PingNotif menjadi solusi untuk berkomunikasi dengan pelanggan anda secara lebih mudah dengan memanfaatkan WhatsApp API Business dan kekuatan Application Program Interface. Semoga membantu!

Translate »