Apa Bedanya Whatsapp For Business Dan Whatsapp Api Business? – Teknologi komunikasi rupanya telah berkembang semakin pesat saja. Maka tidak heran ketika komunikasi semakin mudah untuk dibangun satu sama lain. bahkan bagi dua pihak yang berjauhan sekalipun. Sebab kini untuk berinteraksi dan berkomunikasi sudah memiliki media yang mempengaruhi aspek kehidupan manusia.

Media sosial menjadi media paling populer dan dijadikan salah satu alat untuk berkomunikasi antar teman, rekan kerja, guru, dan orang lain. Komunikasi yang dilakukan pun beragam dan bisa untuk berbagai urusan, baik urusan kerja, belajar, atau sekadar berbagi informasi ringan, dan lain sebagainya.  Dengan media sosial, selain memudahkan penggunanya untuk menyampaikan pesab dan informasi dengan efektif serta efisien, media sosial juga dapat menambah daya tarik informasi yang disampaikan melalui fitur-fitur yang dimilikinya. Sehingga bisa beriringan dengan peradaban yang semakin pesat ini. Maka tidak heran, dengan media sosial, pengguna dapat dengan lebih mudah mendapatkan informasi dan menjalin relasi yang lebih luas.

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini terdapat beragam media sosial yang bisa digunakan antara lain adalah facebook, twitter, line, bbm, whatsApp, instagram, path, linkedin, snapchat dan beberapa media sosial lainnya.

Whatsapp menjadi salah satu media sosial yang populer karena dianggap praktis untuk berkomunikasi. Maka tidak heran, pengguna Whatsapp semakin tahun semakin meningkat seiring kebutuhan manusia. Sebagai media komunikasi instan, Whatsapp kini tersedia pada smartphone, dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore dan Appstore. Bukan hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan teks, melalui Whatsapp, kita juga bisa berbagi gambar hingga video.

Namun meskipun whatsApp merupakan aplikasi pesan instan, Whatsapp memiliki kelebihan lain seperti sistem pengenalan kontak. Jadi, sistem pengenalan kontak dengan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Kemudian pengguna bisa menggunakannya untuk mengirimkan pesan teks. Whatsapp juga memerlukan paket internet data yang biasanya dipakai untuk email, browse, dan akses internet lainnya. Sehingga menggunakan Whatsapp tidak akan memakan pulsa.

Dikarenakan kecanggihan fitur yang memudahkan komunikasinya, Whatsapp sampai sudah memiliki 1,5 miliar pengguna dan menjadi aplikasi pesan instan paling populer di dunia.

Apalagi saat ini Whatsapp tidak hanya berfungsi sebagai personal messaging. Whatsapp juga memiliki fitur-fitur canggih yang sangat berguna untuk digunakan oleh pebisnis, yaitu WhatsApp for Business dan WhatsApp Business API. Lalu apa sih bedanya WhatsApp for Business dan Whatsapp Business API?

Whatsapp for Business

WhatsApp for Business adalah aplikasi gratis dari Whatsapp yang bisa digunakakn oleh untuk menjalankan bisnis kecil dan menengah (Small-Medium Enterprise) . WhatsApp for Business dapat membantu anda mempromosikan bisnis anda dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan lebih interaktif. Karena Whatsapp for Business membantu admin/pemilik bisnis kecil dan menengah menjadikan pesan dari pelanggan terorganisir melalui handphone.

Berikut ini fitur-fitur yang disediakan oleh Whatsapp for Business :

  • Quick Reply
  • Conversation Label
  • Business Profile
  • Set away message

Dengan WhatsApp for Business, selain anda dapat membalas chat kostumer dengan Quick Reply, anda juga dapat membalas pesan pelanggan dengan beberapa Basic Response. Anda juga dapat mengkategorikan chat pelanggan sesuai dengan kategori dengan memberikan label pelanggan.

WhatsApp Business Solution (API)

Sebelum mengenal WhatsApp Bussiness Solution (API), tahukah anda mengenai API? Alangkah baiknya anda memahaminya terlebih dahulu. API memiliki kepanjangan Application Programming Interface, API memiliki serangkaian code yang dapat membangun komunikasi dan berinteraksi dengan software lain yang biasanya dimanfaatkan di perusahaan. Sehingga dengan API, perusahaan dapat menjalankan program mereka, terhubung dengan WhatsApp dan terhubung dengan pelanggan.

Berikut fitur-fitur yang tersedia pada Whatsapp Business API :

  • Terintegrasi dengan sistem lainnya
  • Verified business profile
  • Send bulk notification
  • Use automation
  • Multi-agents Access

WhatsApp Business API juga dimunculkan di local server, sehingga pengguna dapat suatu penerimaan pesan yang telah dipasangkan program dan terintegrasi dengan Analytic tools, CRM, AI di perusahaan tersebut.

perbedaan-wa-business

perbedaan-wa-business

Yang paling penting, WhatsApp Business API memiliki integrasi dengan Chatbot. Melalui Chatbot inilah pelanggan yang menghubungi perusahaan langsung menerima respon setiap saat. Selain itu, WhatsApp Business API juga memberikan dampak yang luar biasa dalam sebuah enterprise. Percakapan sebanyak 80% yang dilakukan secara otomatis dan apabila perusahaan memiliki costumer service, tinggal melakukan mengerjakan hal penting dan hanya bisa ditangani oleh manusia.

Karena WhatsApp Business API merupakan solusi yang dibangun khusus untuk pebisnis dan perusahaan besar. Whatsapp Business API tidak memiliki aplikasi yang tersedia di Google Playstore maupun Appstore. Sehingga perusahaan hanya bisa mengakses data mentah melalui API dan API membutuhkan orang yang ahli di bidang teknologi.

Lalu bagaimana untuk memperoleh Whatsapp for Business?

  • Unduh WhatsApp for Business
  • Verifikasi nomer HP baru yang akan anda gunakan untuk menghubungi pelanggan
  • Cantumkan nama bisnismu
  • Isi profile bisnis dengan lengkap

Whatsapp for Business tidak bisa menggunakan nomor yang sudah digunakan untuk aplikasi Whatsapp sehingga anda harus menyiapkan nomor baru yang aktif.

Sementara itu, bagaimana untuk memperoleh Whatsapp Business API?

Untuk bisa memperoleh WhatsApp Business API, anda dapat langsung mengajukannya dengan menghubungi PingNotif. Kunjungi www.pingnotif.com untuk dijadikan sebaggai solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis anda melalui Whatsapp Business API.

Translate »